TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Berikan Nilai Ekonomis, DLH Tangsel Latih Warga Setu Daur Ulang Sampah

Laporan: Rachman Deniansyah
Jumat, 20 September 2024 | 20:04 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SETU - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memberi pelatihan daur ulang sampah kepada puluhan warga yang terdiri dari para pegiat Bank Sampah se-Kecamatan Setu.

Kasi Kemitraan dan Pemberdayaan Masyarakat DLH Kota Tangsel, Odji Restanto mengatakan, daur ulang limbah atau sampah merupakan kegiatan yang dapat memberi manfaat bagi masyarakat.

"Tujuannya untuk mengurangi sampah yang dibuang ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir), jadi agar masyarakat dapat memanfaatkan sampah yang didaur ulang menjadi produk yang bisa dimanfaatkan kembali," ujar Odji dalam pelatihan yang dihadiri oleh puluhan warga, Jumat (20/9/2024). 

Tak hanya itu saja, lanjut Odji, daur ulang sampah juga dapat memberi nilai ekonomis bagi masyarakat itu sendiri. Salah satunya, melalui kegiatan yang dihimpun oleh Bank Sampah. 

"Manfaatnya ada nilai ekonomis, bisa untuk pribadi warga hasil tersebut. Terus ada juga bisa dijadikan kas RT atau RW. Kalau kali ini daur ulang terkait pemanfaatan limbah minyak jelantah menjadi sabun," jelas Odji. 

Kemudian lebih dari itu, melalui daur ulang sampah ini pihaknya ingin menanamkan kebiasaan kepada masyarakat untuk memulai melakukan pemilahan sampah dari rumah. 

"Mulai dari yang sederhana saja, dua jenis sampah, yakni organik dan non organik," tandasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo