TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jokowi Senang MotoGP Mandalika Sukses

Laporan: AY
Senin, 30 September 2024 | 08:29 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

MATARAM - Presiden Jokowi kembali menonton langsung gelaran MotoGP Mandalika. Jokowi senang, balapan kuda besi paling bergengsi di dunia yang digelar di Indonesia untuk ketiga kalinya itu, berjalan lancar dan sukses.

Jokowi terbang dari Jakarta ke Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk menyaksikan MotoGP Mandalika, Minggu pagi (29/9/2024). Kepala Negara tiba di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, Kabupaten Lombok Tengah, NTB, sekitar pukul 12.40 WITA. Jokowi didampingi Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo.

Saat tiba di Sirkuit Mandalika, Lombok, Jokowi menuju area belakang paddock dengan menumpangi mobil RI 1 berwarna hitam. Jokowi yang menggunakan kaos biru panjang, celana hitam, dan sepatu sneakers, kemudian menyalami sejumlah official MotoGP, sembari masuk ke Royal Box Sirkuit Mandalika. Saat itu, sedang berlangsung race Moto2.

Kehadiran Presiden dan rombongan disambut antusias penonton. Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya, beberapa saat kemudian, race MotoGP dimulai.

Sepanjang balapan, mantan Gubernur DKI Jakarta itu, nampak antusias memperhatikan adu cepat para pembalap MotoGP di lintasan. Jokowi ikut memberikan tepuk tangan saat balapan selesai, yang dimenangi Jorge Martin.

Usai balapan, Jokowi naik podium untuk memberikan trofi juara. Mantan Wali Kota Solo tersebut nampak bersenyum lebar saat menyerahkan trofi juara ke Jorge Martin. Setelah itu, Jokowi menyalami Pedro Acosta yang meraih podium kedua dan Francesco Bagnaia yang meraih podium ketiga.

Selepas penyerahan trofi, Jokowi keluar dari podium dan disambut masyarakat yang sudah menunggu di dekat mobil RI 1. Jokowi lalu berfoto dengan beberapa orang, termasuk di antaranya penggemar MotoGP luar negeri.

Jokowi mengaku happy karena MotoGP Mandalika berjalan semakin baik dari tahun ke tahun. "Utamanya dengan manajemen yang baik, fasilitas juga kita lihat semakin baik. Yang ketiga, 3.000 kru yang ada di sini semuanya dari NTB," ucap Jokowi.

Jokowi menerangkan, pihak penyelenggara MotoGP, Dorna Sports, memberikan tanggapan positif terhadap penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2024. "Dorna tadi bilang berbeda, sangat baik. Ada tarian dan segala macam," terangnya.

Tahun ini adalah gelar MotoGP ketiga di Sirkuit Mandalika. Jokowi memastikan, di 2005 nanti, saat dirinya tidak lagi menjadi Presiden, MotoGP Mandalika akan tetap digelar. “MotoGP (Mandalika) tahun depan tetap berlanjut,” imbuhnya.

Menpora Dito Ariotedjo juga memastikan, MotoGP Mandalika 2025 akan tetap digelar. Untuk pendanaan gelar MotoGP, kata Dito, sudah ada solusi yang didapat.

"(MotoGP) lanjut terus dan tidak akan putus. Pertemuan dengan Bapak Presiden Jokowi, tahun depan seharusnya sudah bisa menggunakan tourism fund. Sudah ada pola penyelesaiannya," terang Dito.

Jorge Martin, yang memenangi MotoGP Mandalika, tampak sangat senang. Saat sesi wawancara sebelum penyerahan trofi, Martin langsung mengucapkan terima kasih kepada Indonesia.

"Terima kasih, thank you Indonesia,” ucapnya.

Tak hanya itu, pembalap Pramac Racing itu ikut mengucapkan kata “Menyala Abangku”, yang saat ini sedang tenar di Indonesia. “Menyala Abangku. Pemenang, pemenang, pemenang. Terima kasih,” ucapnya, dalam Bahasa Indonesia.

Di dunia maya, warganet ikut bangga karena Indonesia kembali sukses menggelar MotoGP. Apalagi, penontonya tampak ramai.

"Presiden Jokowi asyik nonton MotoGP. Ramai ternyata ini penontonnya. Jadi yang bilang sepi itu cuma kabar burung aja," tulis @tekarok007.

Sedangkan akun @abbysturningred menceritakan, ibunya sangat suka menonton MotoGP. Sayangnya, saat MotoGP Mandalika, justru malah terlewat. Karena itu, ibunya sempat bete.

"Ibu BT banget gara-gara kelewat MotoGP. Mana beliu excited bangat nungguin race Mandalika. Literary, Ibu nggak pernah skip nonton tiap minggu. Gua sok tahu banget, bilang malam kaya biasa, tahunya sore tadi," sesal dia.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo