TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Anggota DPR Baru Besok Dilantik, Diinapkan Dua Malam di Hotel Bintang 5

Laporan: AY
Senin, 30 September 2024 | 10:17 WIB
Ilustrasi. Foto : Ist
Ilustrasi. Foto : Ist

JAKARTA - Anggota DPR terpilih periode 2024-2029 akan dilantik di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024). Sebelum dilantik, mereka diinapkan dua malam di hotel bintang lima.

Fasilitas penginapan ini, diberikan KPU kepada 580 anggota DPR terpilih, mulai 29 September sampai 1 Oktober 2024. Hal ini sebagai bagian dari persiapan pelantikan para anggota Dewan tersebut.

Ada tiga hotel yang disiapkan KPU untuk 580 anggota DPR baru tersebut. Semuanya terletak dekat dengan Senayan. “Hotel Ayana, Fairmont, dan Shangri-La, sudah disiapkan untuk persiapan pelantikan,” ucap Komisioner KPU, Betty Epsilon Idroos, di Gedung Lemhannas, Jakarta, Minggu (29/8/2024).

Betty menerangkan, tiap-tiap anggota DPR terpilih bebas menentukan sendiri lokasinya untuk menginap. Mengingat ketiga hotel yang disiapkan lokasinya berada di Kecamatan Tanah Abang, tidak jauh dari tempat pelantikan.

Sebelum dilantik, para anggota Dewan terpilih tersebut mengikuti pembekalan dan pemantapan nilai-nilai kebangsaan di Lemhannas. 

Anggota DPR terpilih dari Daerah Pemilihan 6 Jawa Tengah, Nafa Urbach, senang bisa hadir dalam pembekalan di Lemhannas tersebut.

“Selama 9 hari di Lemhannas, saya melihat ini sebagai peluang luar biasa. Karena ada banyak wajah-wajah baru, dan yang termuda berusia 21 tahun,” ungkap Nafa.

Menurut anggota DPR dari kalangan artis tersebut, semangat kaum muda akan menjadi kekuatan penting dalam membangun bangsa. Ia juga berharap bisa berkolaborasi dengan mereka demi kontribusi positif untuk Indonesia.

Ini momen yang tepat bagi generasi muda untuk memanfaatkan ide-ide kreatif mereka demi membangun negeri,” pungkasnya.

Materi utama pembekalan di Lemhannas mencakup implementasi nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari Pancasila, UUD 1945, serta konsep NKRI dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Lemhannas, Letjen TNI Eko Margiyono berharap, materi yang sudah disampaikan dapat dipraktikkan oleh para anggota DPR terpilih. “Mudah-mudahan bisa menjadi agen perubahan,” kata Eko, di Lemhannas, Jakarta, Minggu (29/9/2024).

Sementara, Sekjen DPR Indra Iskandar mengingatkan kepada calon anggota DPR terpilih untuk selalu berperilaku dengan teladan yang baik saat mulai bertugas atau setelah menyatakan sumpah jabatan pada 1 Oktober besok.

Setiap anggota Dewan, kata Indra, harus sadar perilaku atau tindak tanduknya selalu menjadi sorotan publik. Karena itu, setiap anggota Dewan harus senantiasa menjaga marwah jabatan secara pribadi dan lembaga.

“Apa yang ditampilkan sebagai anggota DPR selalu menjadi sorotan. Jadi, harus selalu menampilkan perilaku yang mencerminkan keteladanan,” ujar Indra.

Dia menekankan, setiap wakil rakyat harus memahami peran dan fungsi masing-masing, baik sebagai kader partai maupun pejabat negara. Dengan berbagai latar belakang pendidikan maupun pekerjaan yang berbeda-beda, pemahaman utuh sebagai pejabat publik yang dipilih rakyat harus benar-benar dijalankan dengan benar.

Indra berharap, materi yang diberikan selama pembekalan di Lemhannas dijadikan modal utama untuk mulai bekerja. “Semua harus bersama-sama berjuang menjaga dan mengangkat marwah DPR agar lebih baik lagi kedepannya,” pungkasnya.

Selama pembekalan tersebut, para anggota DPR terpilih diajak melakukan kegiatan outbound atau luar ruangan, guna mempererat hubungan satu sama lain. Mengingat latar belakang mereka berbeda-beda seperti pengusaha, dosen, mantan menteri, dan artis.

Usai kegiatan, peserta diberi sertifikat dan pin kegiatan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan oleh Lemhannas. Para anggota DPR juga membacakan komitmen bersama untuk bekerja sesuai aturan dan mandat yang diberikan.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo