TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

16 Pengusaha Tambang Mau Investasi Di IKN

Oleh: Farhan
Jumat, 11 Oktober 2024 | 10:21 WIB
Menteri Investasi Rosan Roeslani (kiri) dan Menteri ESDM Bahlil Lahadalia seusai menghadap Presiden Jokowi, di Istana Negara. Foto: Ist
Menteri Investasi Rosan Roeslani (kiri) dan Menteri ESDM Bahlil Lahadalia seusai menghadap Presiden Jokowi, di Istana Negara. Foto: Ist

JAKARTA - Daftar investor yang akan menggelontorkan duitnya di Ibu Kota Nusantara (IKN) kembali bertambah. Kali ini, ada 16 investor pengusaha tambang yang berminat inves ke IKN. Komitmen tersebut ditegaskan saat para bos tambang itu, merapat ke Istana.

Ke-16 bos tambang itu, menghadap langsung Presiden Jokowi, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (9/10/2024). Para pengusaha tambang ini datang ditemani Menteri Investasi Rosan Roeslani, Menteri ESDM Bahlil Lahadalia, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Sementara 16 pengusaha tambang yang merapat ke Istana adalah Direktur Utama Adaro Energy Boy Thohir, CEO Indika Energy Azis Armand, hingga Wakil Ketua Asosiasi Pertambangan Batu Bara Indonesia (APBI) dan petinggi PT Mitra Maju Sukses Group Indonesia (MMSGI) Adri Martowardojo, dan beberapa pengusaha lainnya.

“Mereka ditawari dan didiskusikan untuk diajak agar bisa masuk melakukan investasi di IKN,” kata Bahlil.

Bahlil mengatakan, hal ini dilakukan dalam rangka percepatan pembangunan. Hal ini sesuai dengan arah kebijakan Plt. Kepala Otorita Basuki Hadimuljono untuk kawasan seluas 6.000 pertama di IKN. “Alhamdullilah tadi mereka bersedia,” kata Bahlil.

Hal senada juga disampaikan Rosan. Eks Ketua Umum Kadin Indonesia itu mengungkapkan, para pengusaha tambang itu menyatakan keinginannya untuk inves ke IKN.

“Kebanyakan mereka memang perusahaan batu bara yang bergerak di Kalimantan,” kata Rosan.

Mengenai sektor usaha yang akan dibangun, Rosan merinci ada beberapa. Antara lain, di sektor properti, lifestyle, dan mix used. Rencananya, mereka akan terbang ke IKN, Jumat (11/10/2024). Tujuannya untuk memastikan bahwa proyek IKN memang berjalan dan menguntungkan.

“Karena seeing is believing. Biar mereka bisa melihat pembangunan yang begitu baik, begitu lancar di IKN ini. Sehingga, mereka menimbulkan minat untuk investasi yang lebih besar lagi,” ujar Rosan.

Selain mengunjungi Nusantara, mereka juga akan membentuk konsorsium. “Jadi ini adalah suatu kerja sama dari para pengusaha tambang untuk membangun IKN bersama-sama,” ucap mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat itu.

Terpisah, Basuki mengaminkan apa yang disampaikan Rosan. Namun, investasi yang aka dilakukan di IKN, kata Basuki, bukan membangun tambang. Melainkan sederet bisnis hiburan yang akan melengkapi ibu kota baru.

Basuki bahkan ikut mendampingi kunjungan Boy Cs ke Nusantara. “Hari ini mungkin atau besok mereka akan di sana (IKN),” cetus Basuki, Kamis (10/10/2024).

Dijelaskan menteri yang akrab disapa Pak Bas itu, OIKN juga telah menyiapkan lahan untuk ditawarkan kepada para rombongan konglomerat. Lahan tersebut dipastikan Basuki siap untuk dibangun beberapa sektor bisnis. 

Di antaranya bisnis hiburan seperti bioskop dan bisnis lainnya yang berfokus pada create crowd (mengumpulkan massa di suatu tempat).

“Itu kan pengusaha-pengusaha besar. Saya siapkan yang retail, mereka akan masuk,” terangnya.

Basuki pun menyampaikan bahwa pada hari ini, dirinya segera bertolak ke IKN untuk menemani kunjungan dari para konglomerat. 

Selain itu, dirinya bersama Jokowi juga akan meresmikan rumah sakit milik Mayapada Group (SRAJ) dan Hermina (HEAL) di IKN pada Jumat (11/10/2024).

Dia pun melanjutkan bahwa Presiden Jokowi berharap agar agenda-agenda rapat kementerian mulai rutin dilakukan di IKN. “Kayak dulu pandemi (Covid-19) kan ada kebijakan rapat di Bali, rapat di Yogyakarta gitu kan. Rapat-rapat di kemenko diminta di sini, seperti Kemendagri termasuk mengumpulkan semuanya. Jadi tetap didorong untuk itu,” jelas Pak Bas.

Ketertarikan pengusaha tambang menanamkan modalnya di IKN mendapat sambutan positif dari netizen. “IKN bakal makin maju dengan investasi dari 16 pengusaha tambang,” timpal @FachriFs.

Akun @benhogge7 juga mengapresiasi kontribusi Rosan yang berhasil menjembatani keinginan konglomerat tambang berinvestasi di IKN. “Salut sama Rosan, 16 pengusaha tambang langsung setuju investasi di IKN,” ucapnya.

“Semoga apa yang dikerjakan berhasil selalu Pak,” ujar @erwindarius0. “Bangun IKN bersama-sama,” kata @satriakos. “Sukseskan IKN!” timpal @galihakbar006. “Wih keren nih IKN makin menyala,” balas @afiqahneesa. “Makin bertambah yaa bangunan,” puji @LehcarAbon24.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo