TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pj Wali Kota Tangerang Dorong Optimalisasi Potensi Wakaf

Oleh: mg.2
Selasa, 15 Oktober 2024 | 08:00 WIB
Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang.(mg.2)
Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang.(mg.2)

TANGERANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus berkomitmen untuk mengoptimalkan potensi wakaf. Buktinya, dengan terus mendorong percepatan sertifikasi tanah wakaf dan pengembangan wakaf yang produktif.

Hal ini disampaikan Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Nurdin, saat menghadiri Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Badan Wakaf Indonesia (BWI) Perwakilan Kota Tangerang, yang berlangsung di di salah satu hotel di Cipondoh pada Senin (14/10).

“Mengingat potensi wakaf yang sangat besar, apabila dikelola secara profesional, wakaf itu dapat dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menciptakan peluang usaha baru yang berkelanjutan,” kata Nurdin.

Makanya, Pemkot Tangerang akan mendorong upaya optimalisasi wakaf melalui program-program strategis dan kerjasama dengan berbagai pihak. Menurutnya, Pemkot Tangerang memiliki peran penting dalam menyediakan fasilitas dan layanan yang mendukung pengelolaan wakaf secara efisien.

“Pemkot Tangerang dapat berperan dalam menyediakan layanan pengelolaan wakaf, mulai dari pendaftaran hingga sertifikasi. Kami juga akan terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya wakaf dan bagaimana berwakaf dengan cara yang tepat agar hasilnya bisa produktif,” ucapnya.

Berikutnya, pembinaan dan pengawasan pun menjadi prioritas untuk memastikan pengelolaan wakaf dilaksanakan dengan transparan dan akuntabel.

Untuk mempercepat proses sertifikasi, Nurdin menyoroti pentingnya digitalisasi dalam pengelolaan wakaf. Dengan dukungan teknologi, termasuk perangkat IT dan Super Apps, Pemkot Tangerang siap memfasilitasi digitalisasi wakaf guna meningkatkan efisiensi dan kecepatan dalam proses sertifikasi.

“Dengan kemajuan teknologi, kami akan memaksimalkan digitalisasi wakaf, sehingga proses sertifikasi tanah wakaf dapat dilakukan dengan lebih cepat dan efisien,” jelasnya.

Melalui Rakerda tersebut, dia berharap muncul gagasan-gagasan inovatif yang dapat memperkuat pengelolaan wakaf di Kota Tangerang. Pun optimistis bahwa dengan pengelolaan yang lebih profesional, wakaf dapat menjadi pilar penting dalam menciptakan kesejahteraan bagi umat.

“Semoga melalui pengelolaan yang optimal, wakaf dapat memberikan manfaat yang luas dan maslahat bagi umat,” tutupnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo