TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Mantan Bupati Tangerang Ismet Iskandar Akan Dimakamkan di Pakulonan Barat

Oleh: Farhan
Rabu, 16 Oktober 2024 | 09:42 WIB
Mantan Bupati Tangerang Ismet Iskandar. Foto : Ist
Mantan Bupati Tangerang Ismet Iskandar. Foto : Ist

TANGERANG–Mantan Bupati Tangerang H Ismet Iskandar yang telah tutup usia, pada Selasa (15/10) malam pukul 22:34 wib akan dikebumikan di pemakaman keluarga yang berada di wilayah Kelurahan Pakulonan Barat, Kecamatan Kelapa Dua. 

Bupati Tangerang periode 2003-2008 dan 2008-2013 itu akan terlebih dahulu disalatkan di Masjid Al Azhom Kota Tangerang pagi ini.

“Insya Allah, pukul 10.00 wib akan disholatkan di Masjid Al-Azom Kota Tangerang. Dan, dimakamkan di Pakulonan Barat, ” kata sang adik almarhum, Zaenal Muttaqien kepada Redaksi, Rabu (16/10) dini hari. 

Sebelumnya, diberitakan kabar duka datang bagi masyarakat Kabupaten Tangerang. Mantan Bupati Tangerang dua periode, Ismet Iskandar meninggal dunia, Selasa (15/10) malam. Pria kelahiran Rangkasbitung 2 Mei 1948 itu wafat di Rumah Sakit Umum (RSU) Kabupaten Tangerang.

“Innalilahi wa innailaihi rojiun. Telah berpulang ke Rahmatullah, kakanda, ayahanda tercinta, pukul 22.34 Wib di RSU Kabupaten Tangerang,” ujar Zainal Muttaqien, adik Ismet Iskandar, Selasa (15/10).

Ismet Iskandar adalah Bupati Tangerang periode 2003-2008 dan 2008-2013. Sebelum menjadi bupati, Iskandar menjabat sebagai Sekretaris Daerah di bawah Bupati Agus Djunara.

Ismet dipilih oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Tangerang sebagai Bupati Tangerang pada tahun 2003, dengan Norodom Soekarno sebagai wakilnya. Ia dilantik sebagai bupati pada 22 Maret 2003.

Di periode kedua, dia menggandeng Rano Karno. Mereka menang melalui mekanisme pemilihan langsung.

Selama menjabat sebagai Bupati Tangerang, Ismet Iskandar membuat banyak terobosan. Diantaranya adalah pembangunan Jalan Lingkar Selatan (JLS) dan Jalan Lingkar Utara Kabupaten Tangerang. Poros jalan utama ini menyambungkan seluruh wilayah Kabupaten Tangerang.

Ismet juga memperkenalkan konsep betonisasi jalan yang membuat kondisi jalan lebih tahan lama. Dia juga memprakarsai proyek Jalan Tol Serpong–Balaraja.

Perubahan besar berikutnya yang dilaksanakan adalah pemindahan Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang dari wilayah Kota Tangerang ke Tigaraksa. Pemindahan ini merupakan konsekuensi dari pemekaran wilayah Kota Tangerang dari Kota Tangerang.

Di zaman Ismet Iskandar pula terjadi pemekaran wilayah Kota Tangerang Selatan. Tujuh kecamatan yang sebelumnya berada di Kabupaten Tangerang dipisah dan berdiri menjadi kota otonom.

Ismet juga dikenal sebagai penggila bola. Dia membina Persita Tangerang selama puluhan tahun.

Ismet Iskandar meninggalkan istri Hj Chandrasasi Elia dan tiga anak. Ketiga anaknya yakni Ahmed Zeki Iskandar yang juga Bupati Tangerang dua periode 2013-2018, 2018-2023, Intan Nurul Hikmah yang kini menjadi calon Wakil Bupati Tangerang berpasangan dengan Moch. Maesyal Rasyid dan Ahmed Zulfikar yang sempat menjadi Presiden Persita. (BNN)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo