TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Kebut Kerja Periode Baru, Banggar Bahas APBD 2025

Alat Kelengkapan Dewan Resmi Dibentuk

Laporan: Idral Mahdi
Kamis, 17 Oktober 2024 | 07:01 WIB
DPRD Kota Tangsel saat menggelar kegiatan paripurna pembentukan AKD di DPRD Kota Tangsel, Rabu (16/10).
DPRD Kota Tangsel saat menggelar kegiatan paripurna pembentukan AKD di DPRD Kota Tangsel, Rabu (16/10).

SETU-Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel) resmi ditetapkan. Mereka yang duduk di Badan Anggaran (Banggar) dan Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) sudah dinanti sejumlah tugas.

Ketua DPRD Kota Tangsel, Abdul Rasyid memimpin Rapat Paripurna yang dihadiri 50 anggota DPRD dari 6 Dapil se-Tangsel, Rabu (16/10). Dalam agenda pembentukan AKD, para anggota legislatif telah menyusun dan menetapkan Komisi dan Badan DPRD sesuai dengan usulan fraksi-fraksi yang sebelumnya lebih dulu terbentuk.

Pengumuman nama-nama anggota AKD dibacakan Sekretaris DPRD Kota Tangsel, Wahyudi Leksono, dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Kota Tangsel, Rabu (16/10).

Ketua DPRD Kota Tangsel, Abdul Rasyid mengatakan, setelah seluruh AKD mulai dari Komisi, Bapemperda, Banggar, hingga Badan Kehormatan (BK) terbentuk, selanjutnya akan melakukan kerja-kerja untuk menjalankan tugas dan fungsi wakil rakyat.

“Tadi sudah di-Paripurnakan, setelah proses diskusi dan musyawarah lintas fraksi, telah disepakati siapa saja yang duduk di AKD,” ujarnya.

Politisi Golkar yang akrab disapa Ocil ini menjelaskan, dalam waktu dekat, ada beberapa hal yang akan dikerjakan DPRD Kota Tangsel dengan telah dibentuknya AKD. Misalnya, Banggar akan segera mempersiapkan diri untuk penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2025. Untuk Bapemperda, akan segera mempersiapkan melakukan pembahasan Rancangan Peraturan (Raperda) yang sebelumnya sempat tertunda.

“Tentunya dari masing-masing Komisi akan lakukan pengawasan terhadap dinas mitra kerja mereka dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Untuk struktur pimpinan Bapemperda itu dijabat oleh Sudiar dari Fraksi PKB sebagai Ketua, dan Ferdiansyah dari Fraksi PSI sebagai Wakil Ketua.

Banggar dijabat oleh unsur pimpinan DPRD Kota Tangsel, yaitu Abdul Rasyid, M Yusuf, Wanto Sugito, dan Maria Teresa Suhardja. Sedangkan untuk BK diketuai oleh Julham Firdaus dari Fraksi Partai Demokrat dan Wakil Ketua Muhamad Azis dari Fraksi Golkar.

Untuk Komisi I, Ledy M. P Butar Butar dari Fraksi PDI Perjuangan sebagai Ketua, Ahmad Syawqi, dari Fraksi Gerindra sebagai Wakil Ketua, dan Mustopa sebagai Sekretaris.

Komisi II Dadang Darmawa dari Fraksi PKS jadi ketua, Moch Ramlie MA dari Fraksi Golkar sebagai Wakil Ketua dan Adi Surya Purba dari Fraksi PDIP sebagai Sekretaris.

Komisi III dipimpin Mulyanah Anwar dari Fraksi Gerindra, Wakil Ketua, Made Laksmi Pusparini  dari Fraksi PDIP dan Sekretaris Linda Eviyanti dari Fraksi Golkar. Untuk Komisi IV sebagai ketua yaitu Rachmat Hidayat dari Fraksi Golkar, Wakil Ketua Paramitha Messayu Fraksi PKS, dan Sekretaris Edy Mamat dari Fraksi Gerindra.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo