TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Nama Kader PDIP Belum Masuk Di Calon Menteri Prabowo

Laporan: AY
Kamis, 17 Oktober 2024 | 09:45 WIB
Ketua DPP Demokrat Herman Khaeron. Foto : Ist
Ketua DPP Demokrat Herman Khaeron. Foto : Ist

JAKARTA - Presiden terpilih Prabowo Subianto sudah memanggil para calon menteri, calon wakil menteri dan calon kepala badan ke rumahnya, di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Dari deretan para calon pejabat negara itu, belum ada nama kader PDIP. Padahal sebelumnya, PDIP disebut-sebut bakal bergabungke Pemerintahan Prabowo.

Menurut Ketua DPP PDIP, Bambang 'Pacul' Wuryanto, di internal PDIP masih terjadi dinamika mengenai perlu atau tidaknya bergabung dengan Pemerintah. Ada beberapa faksi mengenai hal itu.

Pertama, faksi yang menginginkan agar PDIP segera masuk kabinet. Kedua, ada yang ingin masuknya tidak terburu-buru. Ketiga, tidak usah masuk.

Namun, lanjut Pacul, politik itu dinamis. Sehingga, segala kemungkinan bisa terjadi. Dia menyarankan semua pihak bersabar menunggu keputusan. "Saya juga tidak mengerti. Mari kita amati bersama.”

Sementara Ketua DPP PDIP, Puan Maharani menyatakan, tetap membuka kemungkinan kadernya menjadi menteri dalam Pemerintahan Prabowo. "Insya Allah, semuanya mungkin terjadi," kata Puan di Gedung MPR/DPR/DPD Senayan, Jakarta, Selasa (15/10/2024).

Melihat dinamika ini, Juru Bicara PDIP Cyril Raoul Hakim alias Chico, meminta semua pihak menunggu keputusan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Sementara Ketua DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron akan menghormati apa pun keputusan PDIP tentang posisi di dalam atau di luar pemerintahan.

Berikut wawancara dengan Herman Khaeron mengenai posisi PDIP tersebut.

Kabarnya, PDIP akan bergabung ke Pemerintahan Prabowo. Tapi, belum ada nama kader dalam daftar calon menteri. Bagaimana tanggapan Anda sebagai pendukung Prabowo?

Sampai saat ini, saya masih memantau dan menunggu. Saya masih melihat perkembangan situasi politik, sehingga belum bisa berkomentar panjang.

Bukankah sudah ada ajakan kepada PDIP untuk bergabung?

Ya, Pak Prabowo sudah menawarkan kepada PDIP untuk bergabung dalam pemerintahannya.

Apakah penawaran itu diterima atau tidak, kami serahkan kepada mereka.

Kalau PDIP tetap tidak mengirimkan kadernya ke kabinet, bagaimana?

Kita tunggu saja saat pelantikan nanti. Sebab, dalam politik, semua serba mungkin. Setelah pelantikan akan terlihat jelas, apakah PDIP di dalam pemerintahan ataukah oposisi.

Saat ini, kami serahkan kepada Presiden terpilih, Pak Prabowo untuk menjalankan pemerintahannya lima tahun mendatang.

Dalam pandangan Anda, apakah PDIP akan di luar atau di dalam pemerintahan?

Soal posisinya di mana, saya hormati saja pilihan PDIP. Saya menghormati apa pun keputusan yang diambil partai politik. Semua partai politik mempunyai kebijakan rumah tangganya sendiri, dan tidak bisa diintervensi siapa pun.

Anda berharap PDIP bergabung atau tidak?

Saya serahkan kepada Presiden terpilih, Pak Prabowo untuk menentukan kabijakannya. Apa pun keputusan politik yang diambil, kita lihat saja setelah pelantikan anggota kabinet.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo