TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

SBY Datang Ke Pelantikan, Megawati Absen Karena Flu

Laporan: AY
Minggu, 20 Oktober 2024 | 09:31 WIB
Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Foto : Ist
Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Foto : Ist

JAKARTA - Sejumlah tokoh bakal menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Minggu (20/10/2024). Salah satunya Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Sementara Presiden ke-5 RI yang juga Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, absen karena sedang sakit flu.

Gedung Nusantara I sudah bersolek untuk digunakan dalam prosesi bersejarah hari ini. Nuansa alam sudah terlihat sejak tangga menuju Gedung Kura-kura. Begitu juga di dalam, ornamen tumbuhan menghiasi jalannya pelantikan.

Kemarin pagi, MPR menggelar gladi bersih pelantikan Presiden dan Wapres terpilih. Gibaran Ikut hadir pada kesempatan itu.

Gibran tiba di Gedung DPR pada pukul 10.19 WIB. Putra sulung Presiden Jokowi itu hadir dengan mengenakan batik cokelat lengan panjang yang dipadukan dengan celana hitam.

Gibran tidak memberikan komentar apapun kepada wartawan. Dia hanya melambaikan tangan dan langsung masuk kemudian masuk ke Ruang Rapat Paripurna I didampingi oleh beberapa ajudannya.

Di dalam ruang paripurna, Gibran duduk di kursi terdepan bersama Ketua MPR Ahmad Muzani, Wakil Ketua MPR Eddy Soeparno, Hidayat Nur Wahid, Rusdi Kirana, Kahar Muzakir, Lestari Moerdijat, Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas. Hadir juga Budisatrio Djiwandono, dan Aminuddin Maruf.

Pada kesempatan itu Gibran melihat proses gladi bersih. Setelah menyaksikan proses gladi bersih selama sekitar satu jam, Gibran meninggalkan ruang paripurna pada pukul 11.46 WIB.

Didit Hediprasetyo, putra dari Prabowo, juga hadir di Gedung MPR. Didit tiba tak lama setelah Gibran meninggalkan gedung.

Kedatangannya Didit disambut oleh Muzani dan Budisatrio. Mereka berbincang singkat sebelum masuk ke dalam gedung, tanpa memberikan keterangan kepada awak media.

Kepada wartawan, Muzani menjelaskan, dalam proses gladi bersih, Gibran menanyakan persiapan acara pelantikan.

“Beliau senang karena acara akan berjalan simpel dan tidak bertele-tele. Acara diperkirakan berlangsung selama dua jam, dari pukul 10 hingga 12 siang,” kata Muzani.

Selain itu, Muzani juga mengungkapkan, kedatangan Didit untuk melihat persiapan pelantikan Presiden dan Wapres terpilih. Didit berperan penting dalam desain tempat pelantikan.

Mas Didit mendesain acara ini dengan tema hijau, sebuah konsep yang diusung dalam pelantikan. Setelah gladi bersih selesai, ruang atas akan didesain ulang,” jelasnya.

Terkait tamu undangan, Muzani mengatakan, pihaknya telah mengonfirmasi kehadiran mantan Presiden dan mantan Wapres. “Insyallah Susilo Bambang Yudhoyono (hadir),” katanya.

Selain itu, akan hadir Wapres ke-6 RI Try Soetrisno, Wapres ke-11 RI Boediono, serta Wapres ke-10 dan 12 Jusuf Kalla. Keluarga Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid dan Wapres ke-9 RI Hamzah Haz juga akan hadir.

Muzani juga menyebut, capres nomor urut 1 Anies Baswedan dan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo akan menghadiri pelantikan.

Saya sudah berkomunikasi lewat telepon, baik Anies maupun Ganjar, dan alhamdulillah beliau menyatakan akan hadir. Tentu saja kami bersyukur alhamdulillah beliau menyatakan akan hadir,” ungkapnya.

Sayangnya, pelantikan tidak dihadiri Mega karena sedang flu setelah kembali dari Uzbekistan dalam rangka napak tilas perjalanan Bung Karno serta ziarah ke Makam Imam Bukhari. Sehingga perlu istirahat untuk memulihkan kondisinya.

“Dengan sangat menyesal, Ibu menyampaikan kabar ini melalui Ketua Fraksi MPR dari PDIP, Ahmad Basarah, bahwa beliau tidak bisa hadir,” tutur Muzani.

Ia menjelaskan, kondisi kesehatan Mega menurun setelah perjalanan tersebut. Hal ini terlihat ketika putri Bung Karno itu mengenakan masker saat menghadiri sidang program doktoral Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Universitas Indonesia, Jumat (18/10/2024).

Meski absen, Muzani mengatakan, Mega sudah memerintahkan kepada seluruh anggota Fraksi PDIP di DPR/MPR untuk hadir dalam acara pelantikan Prabowo-Gibran. “Mereka tidak diperkenankan keluar negeri termasuk keluar kota karena wajib datang besok,” katanya.

Pertemuan Prabowo-Mega Tertunda

Selain tidak datang, rencana pertemuan Prabowo dengan Mega juga batal. “Sepertinya begitu. Sampai saat acara pelantikan, pertemuan itu masih tertunda,” ujar Sekretaris Jenderal Partai Gerindra itu.

Menurut Muzani, pertemuan tersebut belum bisa terselenggara karena kondisi Mega kurang sehat. “Kami berdoa mudah-mudahan Ibu segera pulih kesehatannya, dan bisa segera menjalankan aktivitas-nya dengan baik lagi,” doanya.

Muzani mengatakan, rencana pertemuan kedua negarawan itu akan terwujud di kemudian hari. Nantinya, Ketua Umum Partai Gerindra yang akan mengatur pertemuan tersebut.

Ketua DPP PDIP, Ganjar Pranowo sudah menduga, pertemuan Mega dengan Prabowo tidak akan terjadi jelang pelantikan. Namun, hubungan keduanya baik-baik saja.

“Kalau berbicara pada urusan negara rasanya pasti akan bertemu, tinggal waktu saja yang menentukan pada sesuatu yang paling cocoklah, waktunya, kesempatannya, dan sebagainya,” tutur Ganjar usai menghadiri sidang doktoral Hasto Kristiyanto di UI, Jumat (18/10).

Dihadiri Pimpinan Negara Sahabat

Pelantikan Prabowo-Gibran juga akan dihadiri pimpinan negara sahabat. Para tamu negara sudah berdatangan kemarin. Seperti Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim, Wakil PM Selandia Baru Winston Peters, PM Kamboja Hun Manet, Wakil Presiden China Han Zheng, Sultan Brunei Darussalam Paduka Seri Baginda Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu’izzadin Waddaulah.

Lalu ada PM Timor Leste Xanana Gusmao, PM Serbia Miloš Vučević, PM Vanuatu Charlot Salwai Tabimasmas, Wakil Presiden Vietnam Vo Thi Anh Xuan, Wakil Perdana Menteri Qatar Dr. Khalid bin Mohamed Al-Attiyah, Wakil Presiden Laos Pany Yathotou, dan Wakil Pertama PM Rusia Denis Manturov.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo