TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Prabowo Dan Gibran Bacakan Sumpah Saat Dilantik Jadi Presiden Dan Wakil Presiden

Laporan: AY
Minggu, 20 Oktober 2024 | 11:18 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden setelah mengucapkan sumpah jabatan dalam Sidang Paripurna MPR yang berlangsung di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, pada Ahad (20/10). Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden ini menandai babak baru bagi pemerintahan Indonesia untuk periode 2024-2029.

Acara dimulai sekitar pukul 10.00 WIB dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta. 

Ketua MPR, Ahmad Muzani, membuka sidang paripurna, diikuti pembacaan keputusan KPU. Kemudian, Prabowo dan Gibran dipersilahkan berdiri, lalu mengucapkan sumpah menurut ajaran agama Islam, di bawah kitab suci Al-Qur'an.

"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya," ucap Prabowo. 

"Memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," lanjutnya.

Kemudian, giliran Gibran yang mengucapkan sumpahnya sebagai Wakil Presiden. "Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap Gibran.

Setelah pembacaan sumpah, acara berlanjut dengan penandatanganan berita acara pelantikan. Berita acara ini menjadi bukti resmi dari pelantikan yang disaksikan oleh presiden dan wakil presiden sebelumnya, Jokowi dan Ma'ruf Amin. 

Pimpinan MPR kemudian menyerahkan berita acara kepada Prabowo dan Gibran, menandakan dimulainya masa jabatan keduanya sebagai Presiden dan Wakil Presiden.

Selamat bertugas Pak Prabowo dan Mas Gibran.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo