TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pulang ke Solo, Jokowi Disambut Tangis dan Teriakan Histeris

Laporan: AY
Senin, 21 Oktober 2024 | 09:09 WIB
Mantan Presiden Jokowi bagi-bagi kaos setibanya di Solo. Foto : Ist
Mantan Presiden Jokowi bagi-bagi kaos setibanya di Solo. Foto : Ist

SOLO - Setelah purnatugas, Presiden ke-7 RI Jokowi langsung pulang ke Solo dengan naik pesawat TNI AU. Saat tiba di kampung halamannya, Jokowi disambut masyarakat Solo dengan tangis dan teriakan histeris.

Sebelum pulang, Jokowi menggelar acara pisah sambut dengan Presiden Prabowo Subianto, di Istana Merdeka, Minggu (20/10/2024). Acara dimulai dengan pasukan yang memasuki lapangan upacara diiringi lagu 'Maju Tak Gentar.' Prabowo bertindak sebagai inspektur upacara, sementara Jokowi berdiri di sebelah kirinya.

Dalam upacara itu, Prabowo dan Jokowi turun ke halaman Istana Merdeka menyusuri jalur karpet merah yang telah disiapkan. Keduanya memeriksa pasukan hingga kembali ke tempat awal. Setelahnya, ada atraksi pesawat dari TNI AU di atas langit Istana yang menandakan upacara telah selesai.

Sesudahnya, Prabowo mengantar Jokowi menuju Lanud Halim Perdanakusuma. Keduanya menaiki mobil MV3 Garuda Limousine buatan PT Pindad berpelat 'Indonesia 1'. Prabowo naik duluan ke mobil, disusul Jokowi.

Di depan Istana dan sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat, MH Thamrin, sampai Sudirman, warga menyemut melepas kepergian Jokowi. Ucapan terima kasih dan ucapan histeris memanggil nama Jokowi sahut-sahutan. Sesekali, Jokowi pun muncul dari atap mobil (sunroof) untuk menyapa warga.

Jokowi dan Prabowo tiba di Halim sekitar pukul 14.40 WIB. Sebelum naik pesawat, Jokowi menyampaikan, masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan demi menyongsong Indonesia Emas 2045.

Saya serahkan seutuhnya impian, harapan, cita-cita besar dari 280 juta rakyat Indonesia kepada Bapak Presiden Jenderal TNI Purnawirawan Prabowo Subianto," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga mendoakan Prabowo mendapatkan kekuatan dalam menjalankan tugas sebagai kepala negara. Mendengar Jokowi memanjatkan doa, Prabowo yang berdiri di sampingnya langsung mengangkat kedua tangannya dan berucap “Aamiin”.

Terakhir, Jokowi berpesan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap rukun dan bersatu. "Berangkulan membangun negara ini sesuai dengan yang disampaikan Bapak Presiden Prabowo," ujarnya.

Kemudian, Jokowi menyalami para menterinya yang sudah berbaris di dekat pintu pesawat. Mereka yang hadir antara lain Tito Karnavian, Sri Mulyani, Retno Marsudi, Basuki Hadimuljono, Budi Arie Setyadi, Agus Gumiwang Kartasasmita, Zulkifli Hasan, Budi Karya Sumadi, Airlangga Hartarto, Hadi Tjahjanto. Hadir juga Jaksa Agung ST Burhanuddin, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Beres bersalaman, Jokowi dan Iriana langsung menaiki pesawat Boeing B737-800NG dengan nomor ekor A-7309. Pesawat milik TNI AU ini mengantarnya ke Bandara Adi Soemarmo, di Boyolali, Jawa Tengah.

Penerbangan Jokowi dan Ibu Iriana hanya berlangsung sekitar 30 menit. Pukul 16.03 WIB Jokowi sudah mendarat di Boyolali. Keduanya disambut Luhut Binsar Pandjaitan. Momen ini diunggah Luhut di akun Instagramnya, @luhut.pandjaitan. Purnawirawan Jenderal TNI itu terlihat menyambut Jokowi di bawah tangga pesawat.

Luhut memberi hormat dan menjabat tangan Jokowi. Melihat kemunculan Luhut, Jokowi nampak tertawa. Selain Luhut, Dato Sri Tahir dan Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana juga hadir di lokasi menyambut Jokowi.

Jokowi lalu naik mobil Maung hitam buatan Pindad yang desainnya tidak beratap, agar Jokowi mudah menyapa warga sepanjang jalan menuju kediamannya di Jalan Kutai Utara I, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah.

Di sekitar Bandara Adi Soemarmo, hujan baru saja mengguyur. Meski begitu, animo masyarakat untuk menyambut kepulangan Jokowi tetap tinggi. Sampai-sampai, kawalan polisi tak mampu membendung antusias masyarakat untuk mendekati mobil yang ditumpangi Jokowi.

Jokowi menyapa warga sambil berdiri di atas mobil. Mantan Wali Kota Solo ini juga membagikan kaos ke warga yang ada di sisi kiri dan kanan mobilnya. Wajah Jokowi tampak ceria. Tak terlihat wajah lelah, meski seharian penuh mengikuti berbagai rangkaian acara.

Teriakan warga memanggil nama Jokowi terdengar berulang-ulang. Beberapa di antara mereka juga nampak menangis haru dengan kepulangan Jokowi. "Selamat datang Pak Jokowi, terima kasih," teriak mereka.

Saking banyaknya warga yang menyambut, kendaraan yang membawa Jokowi hanya bisa berjalan pelan. Perjalanan Jokowi dari Bandara Adi Sumarmo ke rumahnya, di Jalan Kutai Utara I, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, memakan waktu hingga tiga jam. Jokowi tiba di kediamannya pukul 19.40 WIB.

Suasana di kediaman Jokowi juga dikerumuni ribuan warga. Mereka menyaksikan panggung pentas musik keroncong. Alunan musik yang lembut menghibur warga yang sejak siang telah berdatangan.

Riuh masyarakat semakin menjadi ketika Jokowi turun dari mobil dan memasuki halaman rumahnya. Jokowi turut diantar Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Tak sedikit warga berebut berfoto dengan Jokowi. Sesekali, Jokowi menyambut permintaan itu dengan wajah penuh senyum.

Tak lama kemudian, Jokowi dan Iriana memasuki rumah untuk beristirahat. Sementara, di depan halamannya, Listyo bersyukur bisa mengantar langsung kepulangan Jokowi. "Alhamdulillah seluruh kegiatan mulai dari pelantikan, pisah sambut, hingga pengantaran ke Solo berlangsung dengan baik," ujarnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo