TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Mobil Kepresidenan RI Garuda Produksi Pindad

Laporan: AY
Senin, 21 Oktober 2024 | 08:50 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Ada sejumlah hal menarik di momen pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wapres Gibran Rakabuming Raka, di Gedung DPR/ MPR, Jakarta, Minggu (20/10/2024). Salah satu yang mencuri perhatian adalah penampilan Maung Garuda alias MV3 Garuda Limousine. Mobil yang diproduksi PT Pindad itu, digunakan Prabowo menuju Istana dan menyapa warga di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin.

Ada dua kendaraan yang digunakan Prabowo di hari pelantikannya. Saat berangkat dari kediamannya di Kertanegara menuju gedung DPR, eks Danjen Kopassus itu, menumpang Toyota Alphard putih dengan nomor pelat 1-00. Setelah resmi menjadi presiden, Prabowo berganti kenda­raan.

Prabowo menumpang mo­bil Maung Garuda Limou­sine berwarna putih dengan nomor pelat Indonesia 1. Mobil ini juga yang di­gunakan Prabowo untuk mengantar Jokowi dari Istana ke Bandara Halim Perdana Kusuma.

Keberadaan mobil ini mencuri perhatian. Tampi­lannya kokoh dan elegan. Bodinya berbentuk persegi dengan aksen garis tegas. Terkesan tangguh. Kaca jendelanya besar, tebal, dan berwarna gelap. Tampaknya anti peluru.

Sementara velg besar dan berkilau memberikan kesan mewah. Grill depan yang lebar dan lampu utama ber­bentuk persegi besar sema­kin menonjolkan karakter kuat.

Mobil ini digunakan Prabowo dari Gedung DPR ke Istana Mereka. Dalam perjalanan itu, Maung Ga­ruda dikawal tiga mobil Jeep putih dan 10 motor Paspampres. Rombongan itu kemudian membentuk barisan dan jalan keluar dari Gedung DPR.

Mendekati Bundaran HI, Prabowo membuka sunroof mobilnya dan menyapa ma­syarakat yang berkerumun di sepanjang jalan Sudirman-Thamrin. Ketum Gerin­dra itu juga melambaikan tangannya sembari melem­par senyum.

Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose mengaku terharu sekaligus bangga karena kendaraan terbaru dari perusahaannya digunakan Prabowo.

Terima kasih kepada Pak Prabowo yang tiada henti memberi kepercayaan, menantang dan mendorong penggunaan produk buatan dalam negeri produksi Pin­dad untuk terus maju dan meningkatkan kualitasnya,” kata Abraham, dalam keterangan tertulis, Minggu (20/10/2024).

Abraham menjelaskan, MV3 Garuda Limousine dikembangkan khusus dari MV3 untuk kendaraan Presiden dan Wakil Presiden. Kendaraan ini ber­warna putih dengan tampilan eksklusif dan maskulin yang memiliki proteksi tinggi serta memberikan kenya­manan dengan material berkualitas serta fitur-fitur mutakhir.

Kendaraan karya PT Pin­dad ini memiliki bobot 2,95 ton, dimensi panjang sekitar 5,05 m, lebar 2,06 m, tinggi 1,87 m serta desain long wheelbase yang nyaman dan lega.

Kendaraan ini memiliki daya mesin 202 PS/199 HP, transmisi AT (otomatis) dengan 8 percepatan, dan memiliki kecepatan maksi­mum 100 Km/jam.

Dengan portfolio pro­dusen Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan (Alpalhankam), Pindad menerapkan proteksi kendaraan sebagai prioritas utama dengan dibekali fitur keamanan andal.

Direktur Teknologi & Pengembangan PT Pindad, Sigit P Santosa menjelas­kan, seluruh area kendaraan meliputi bodi dengan mate­rial composite armor yang memiliki ketahanan terhadap munisi kal. 7,62 × 51 mm NATO ball & kal. 5,56 × 45 mm M193, kaca anti peluru level B5/B6. Serta dileng­kapi ban berukuran R21 dengan tipe Run Flat Tyre (RFT) yang bisa tetap melaju meski mengalami kebocoran di perjalanan.

“Kendaraan MV3 Garuda Limousine memiliki de­sain yang memperlihatkan karakter yang kuat dengan identitas bangsa Indone­sia yang kental, dilengkapi dengan fitur keamanan dan kenyamanan untuk penumpang didalamnya,” ujar Sigit.

Ia pun bersyukur, produk buatan dalam negeri untuk pertama kalinya digunakan langsung oleh Presiden.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo