TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

KPU Mulai Bersiap Gelar Debat Paslon Perdana

Oleh: mg.2
Selasa, 22 Oktober 2024 | 08:30 WIB
Ist.
Ist.

TANGERANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai mempersiapkan diri menggelar Debat Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Debat akan digelar pada 23 Oktober.

Debat tersebut akan mengangkat tema kesejahteraan dan pelayanan.

Komisioner KPU Kota Tangerang, Yudhistira Prasasta menuturkan, pihaknya akan menggaet para penelis dari berbagai kalangan akademisi hingga ulama. Dengan begitu, akan terdapat perspektif yang luas terkait tema yang telah ditetapkan.

“Panelis ada lima orang. Pertama ada kalangan dari akademisi, antara lain dari UNIS, UNJ, Stisnu dan UYI dan satu lagi dari kalangan ulama,” ujar Yudhis ditemui di Kantor KPU Kota Tangerang, Senin (21/10).

Lebih lanjut, ia menjelaskan, dalam debat nanti akan terdapat lima segmen. Pada segmen pertama, para pasangan calon (paslon) akan memaparkan visi-misi mereka. Pada segmen kedua, terdapat tanya jawab antara paslon dengan panelis. 

Sedangkan pada segmen ketiga, paslon menjawab pertanyaan yang dipilih secara acak.

“Lalu sekmen keempat adalah saling bertanya antara paslon. Terakhir adalah sekmen penutup atau closing statement,” terangnya.

Adapun debat nanti akan disiarkan oleh satu stasiun TV nasional swasta. Sementara debat kedua berlangsung pada tanggal 14 November mendatang.

Dia menerangkan, debat paslon merupakan salah satu sarana sosialisasi kepada masyarakat. Sehingga, pemilih bisa melihat atau mengetahui visi misi calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang 2024-2029.

“Yang terakhir pasti partisipasi publik, kemudian debat itu mampu mengangkat atau meningkatkan partisipasi masyarakat, baik pemilih pemula milenial dewasa sampai pemilih orang tua,” terangnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo