TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Menteri & Wamen Akan Digojlok Fisik & Mental di Lembah Tidar Selama 3 Hari

Laporan: AY
Selasa, 22 Oktober 2024 | 09:43 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Sebelum bertugas penuh, para anggota Kabinet Merah Putih akan digojlok fisik serta mentalnya di Lembah Tidar, Magelang, Jawa Tengah. Selama tiga hari dua malam, mereka akan menginap di tenda layaknya taruna Akademi Militer (Akmil).

Sebanyak 53 menteri/pejabat setingkat menteri dan 56 wakil menteri resmi dilantik Presiden Prabowo Subianto, di Istana Negara, Jakarta, Senin (21/10/2024). Akhir pekan nanti, mereka akan menerima pembekalan dari Prabowo di Akmil, di Lembah Tidar. Pembekalan dilakukan selama tiga hari, 25-27 Oktober 2024.

Wakil Menteri Dalam Negeri, Bima Arya Sugiarto memastikan, seluruh jajaran Kabinet Merah Putih sudah siap lahir batin mengikuti pembekalan itu. “Siap digembleng, digojlok fisik maupun mental,” ujar mantan Wali Kota Bogor ini, usai dilantik, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2024).

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, dalam pembekalan itu, para menteri tidak menginap di hotel. Namun, bermalam di dalam tenda tentara. “Nanti memang nginepnya di tenda,” kata pria yang akrab disapa BGS ini.

Dia menjelaskan, para menteri dan wakil menteri sengaja dikumpulkan untuk pembekalan mengenai tugas masing-masing selama tiga hari dua malam. Dalam pembekalan itu, para menteri dan wakil menteri akan menerima teori maupun aktivitas luar ruangan agar tercipta ikatan emosional antaranggota kabinet.

“Isinya pembekalan, tapi juga saya rasa ada kegiatan supaya bisa bekerja lebih kompak antaranggota,” imbuhnya.

Bagi BGS, sudah familiar dengan Akmil Magelang. Sebab, anaknya pernah menempuh pendidikan di Sekolah Taruna Nusantara Magelang. Dia bilang, iklim di daerah tersebut cenderung dingin, tapi punya objek wisata kuliner yang nikmat.

“Sudah tahu kotanya seperti apa. Makanannya enak, ada kupat tahu,” ucapnya.

Menteri Kebudayaan, Fadli Zon antusias dengan rencana pembekalan ini. Politisi Partai Gerindra tersebut yakin, kegiatan tersebut bisa memperkuat koordinasi para menteri.

“Saya kira ini bagus sebagai upaya untuk team building,” ujarnya, usai serah terima jabatan (sertijab), di Kemendikbud, Jakarta, Senin (21/10/2024).

Fadli menambahkan, anggota Kabinet Merah Putih nantinya juga diminta memaparkan berbagai program dan kebijakan yang akan dilakukan selama lima tahun ke depan. Pemaparan ini merupakan hasil kajian dengan tim sebelumnya, yang sudah melakukan pemetaan terhadap berbagai permasalahan.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara, Prasetyo Hadi menjelaskan, rencana pembekalan itu memang sudah dijadwalkan sejak para menteri dan wakil menteri dikumpulkan di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, pekan lalu. “Beliau akan mengumpulkan kita kembali dalam satu kegiatan di akademi militer,” ujarnya, di Istana Merdeka, Minggu (20/10/2024) malam.

Selain pembekalan, kata Prasetyo, Prabowo akan menerangkan sejumlah program prioritas pemerintahannya disertai petunjuk dan arahan teknis kepada masing-masing kementerian. Terkait dengan bentuk kegiatan, dia meminta publik tidak melakukan framing. Sebab, tujuan kegiatan itu untuk memperkuat etos disiplin, tertib, dan kerja sama.

“Jumlah kementerian yang bertambah dari periode yang lalu tentu membutuhkan kerja sama yang erat. Pak Prabowo mempercepat proses kerja samanya dengan kita sering-sering dikumpulkan,” pungkasnya.

Kawasan Gunung Tidar pun sudah siap-siap dengan agenda pembekalan para menteri dan wakil menteri itu. Objek wisata Kebun Raya Gunung Tidar telah ditutup sementara hingga 27 Oktober 2024.

Akmil Magelang juga sudah mendirikan tenda-tenda di area Borobudur International Golf & Country Club, yang bakal jadi pusat kegiatan pembekalan. Di sekitar lokasi disediakan genset untuk menyokong kebutuhan listrik para jajaran Kabinet Merah Putih selama menjalani kegiatan.

Kasi Penerangan Umum Akmil, Kapten (Cke) Nurul Muntaha menerangkan, pihaknya akan terus melakukan persiapan agar kegiatan berjalan aman dan lancar. “Saat ini, semua rencana masih berkembang, dan sementara dipusatkan di daerah Lapangan Golf Borobudur. Kami terus mengikuti perkembangan untuk memastikan segala sesuatunya berjalan sesuai rencana,” ungkapnya, Senin (21/10/2024).

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo