TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Ditemani Bu Iriana, Jokowi Makan Tongseng Kambing

Laporan: AY
Rabu, 23 Oktober 2024 | 09:01 WIB
Foto : IG
Foto : IG

SOLO - Dua hari setelah purnatugas, Jokowi mengabarkan salah satu kegiatannya. Bersama Ibu Iriana, Presiden ke-7 RI itu makan tongseng di salah satu rumah makan, di Sukoharjo, Jawa Tengah.

Momen itu dibagikan Jokowi melalui unggahan Instastory di Instagram @jokowi, Selasa (22/10/2024). Jokowi makan tongseng tersebut pagi hari, fotonya baru diunggah setelah pukul 12.00 WIB.

Jokowi dan Ibu Iriana keluar rumah, yang beralamat di Jalan Kutai Utara I, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, sekitar pukul 09.00 WIB. Jokowi dan Ibu Iriana keluar dengan naik mobil Toyota Fortuner berwarna hitam. Tidak ada iring-iringan yang ikut dengan Jokowi. Hanya ada satu mobil Paspampres yang mengikuti di belakang. Itu pun dengan mobil biasa, bukan jenis patwal polisi atau pengawalan lain.

Jokowi meluncur ke selatan menuju Jalan Letjen Suprapto. Di Simpang Sate Pak Dahlan, mobil yang ditumpangi Jokowi berhenti sejenak untuk menunggu lampu hijau. Jokowi kemudian melanjutkan perjalanan hingga Jalan Ahmad Yani. Saat itu, publik belum tahu tujuan Jokowi.

Setelah Zuhur, setelah muncul Instastory di akun @jokowi, publik baru tahu ternyata Jokowi dan Ibu Iriana mencari sarapan olahan daging kambing di Warung Sate Kambing Mas Di. Warung sate ini, terletak di Jalan Slamet Riyadi Nomor 162B, Kopen, Ngadirejo Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. 

Jokowi tampil seperti biasa, mengenakan kemeja putih lengan panjang, dengan bagian tangan digulung. Jokowi dan Ibu Iriana duduk saling berhadapan di meja panjang di salah satu sudut warung tersebut. Ada delapan kursi di meja tersebut, tapi sisanya kosong, tak diisi.

Di hadapan Jokowi dan Ibu Iriana, ada lima piring yang keseluruhannya berisikan menu berat. Mulai dari nasi, soto daging, hingga sate. Disediakan juga kerupuk. Untuk minum, Ibu Iriana memesan jus jeruk, sedangkan Jokowi tampak seperti teh.

Di sekeliling meja makan juga tersedia peralatan makan; sendok, garpu, hingga tisu. Kecap, sambal, tusuk gigi juga ada.

Jokowi dan Ibu Iriana lahap sarapan. Jokowi beberapa kali menyiuk kuah soto untuk dicampur ke nasi. Sedangkan Ibu Iriana mengambil sate.

Isman, salah satu karyawan Warung Sate Kambing Mas Di, menerangkan, Jokowi datang sekitar pukul 09.00 WIB bersama Ibu Iriana dan pengawalnya. “Langsung masuk dan memesan sejumlah menu. Bapak tadi dhahare (makan) tongseng kambing, kalau Ibu (Iriana) pesan sate buntel dan gule,” cerita Isman. 

menambahkan, kedatangan orang tua Wapres Gibran Rakabuming Raka itu, membuat kaget para karyawan warung sate. Pengunjung yang tengah membeli sate dan soto juga sempat heboh.

“Tidak menyangka beliau ke sini tiba-tiba. Tadi banyak pembeli yang minta foto bersama dengan Bapak dan Ibu usai keduanya selesai dhahar. Setelah itu, Pak Jokowi dan Bu Iriana langsung meninggalkan warung,” ucapnya. 

Kegiatan Jokowi ini mendapat atensi dari netizen. Ada warganet yang menyebut, unggahan Jokowi itu menjadi obat kerinduan.

"Siapa yang sudah kangen? Pak Jokowi terpantau sedang makan bersama Ibu Iriana sesudah tidak menjabat Presiden lagi, 22 Oktober 2024 di IG Story beliau. Kie makan soto atau makan gule ya?" tulis @NyaiiBubu.

Akun @blantik_pedhet2 senang melihat unggahan Jokowi ini. "Bapakku," tulisnya, seraya menyertakan emoji cinta. 

Akun @ChovaMelians26 juga happy bisa melihat aktivitas Jokowi lagi. "Pak Jokowi yang kini telah pensiun dari jabatannya sebagai Presiden Indonesia. Menikmati masa-masa santainya bersama Ibu Iriana di kampung halamannya mereka, Solo. Terlihat, mereka sedang menikmati seporsi soto hangat di salah satu warung sederhana di kota tersebut," paparnya.

Saking senangnya melihat Jokowi, akun @kembang7ruppa sampai membuat pantun.

"Makan soto dengan mie...... 

Jangan lupa minumnya es teh.... 

Biarkan saja Pak Jokowi dan istri makan mie.... 

Biar yang benci tambah stres," tulisnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo