TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jokowi Kasih Sinyal, Akhir Tahun Ini PPKM Kelar

Laporan: AY
Rabu, 21 Desember 2022 | 19:42 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

JAKARTA - Presiden Jokowi memberikan sinyal untuk mengakhiri penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di seluruh Indonesia. Menyusul situasi pandemi Covid yang semakin membaik.
Sejak 15 Desember 2022, tren kasus harian selalu berada di bawah angka 2.000. Pada 18 dan 19 Desember, bahkan telah mencapai angka 860 dan 809. Sementara pada 20 Desember, tercatat 1.297 kasus.
"Kemarin, kasus harian kita berada di angka 1.200. Mungkin nanti, akhir tahun, kita akan menyatakan berhenti PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar, Red), PPKM kita," ujar Jokowi dalam acara Indonesia Economic Outlook 2023 di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (21/12).

Ini jelas menjadi suatu perbaikan yang nyata. Mengingat saat dihantam varian Delta, jumlah kasus harian Covid di Indonesia mencapai angka 56 ribu.

Saat itu, saya ingat hampir 80 persen menteri menyarankan untuk lockdown. Termasuk, masyarakat juga menyampaikan hal yang sama. Kalau kita lakukan saat itu, mungkin ceritanya akan lain," tutur Jokowi.
Usai Delta, muncul Omicron yang lebih menggila. Puncaknya kasus hariannya, mencapai 64 ribu kasus.

"Kita ingat saat itu, alat pelindung diri (APD) kurang, oksigen nggak ada, pasien numpuk di rumah sakit. Untung, saat itu masih tenang. Tidak gugup. Tidak gelagapan. Sehingga, situasi yang sangat sulit itu bisa kita kelola dengan baik," beber Jokowi.
"Perjalanan seperti itu harus kita ingat, betapa sangat sulitnya," tandasnya.

Sejak pertama kali diumumkan pada 2 Maret 2020, total kasus terkonfirmasi Covid di Indonesia telah mencapai angka 6.711.703. Dengan 6.525.525 kasus sembuh dan 160.451 kasus meninggal. rm.id

Komentar:
Berita Lainnya
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo