TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Tingkatkan Standar Kompetensi, Tenaga Kerja Pariwisata di Tangsel Disertifikasi

Laporan: Rachman Deniansyah
Rabu, 22 Februari 2023 | 19:00 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

SERPONG - Pemerintah Kota melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Tangerang Selatan menggelar kegiatan sertifikasi kompetensi bagi tenaga kerja bidang pariwisata di wilayahnya. 

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari di wilayah Serpong, Tangsel, mulai Rabu (22/2/2023) ini. 

Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Tangsel, Ellen Hutabarat  menerangkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para tenaga kerja yang bergulat di bidang pariwisata. Keberadaan sertifikasi ini pun penting, sebagai jaminan bahwa orang yang menyandangnya telah mendapatkan standar kompetensi yang bagus.

"Sertifikat kompetensi merupakan sebuah pengakuan terhadap seorang tenaga kerja yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang sesuai dengan standar kompetensi kerja yang dipersyaratkan," ujar Ellen. 

Sertifikat ini memiliki kegunaan untuk memastikan seorang tenaga kerja terjamin kredibilitasnya dalam pekerjaan yang diemban dan dipertanggungjawabkan, terutama dalam bidang kepariwisataan. 

"Sertifikat kompetensi kerja ini penting dimiliki, baik oleh karyawan maupun pencari kerja, misalkan untuk pencari kerja dapat meningkatkan kepercayaan diri dan memiliki bukti bahwa kompetensinya telah diakui," tuturnya. 

Dengan sertifikasi ini, kata Ellen, karyawan yang sudah bekerja dalam sebuah perusahaan dapat meningkatkan jenjang karir dan promosi yang lebih baik. Selain itu, juga untuk meningkatkan akses berkembang sesuai dengan keahlian yang dimilikinya.

"Adapun manfaat sertifikasi kompetensi yang bisa diperoleh oleh seorang karyawan, di antaranya mampu meningkatkan rasa percaya diri, mampu mengukur kemampuan masing-masing dan membantu akses untuk mengembangkan diri melalui hasil ujian nantinya," kata Ellen. 

Ia menambahkan, kegiatan sertifikasi kompetensi bagi tenaga kerja bidang pariwisata ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar bagi pemilik usaha tentang pentingnya sertifikat sertifikasi kompetensi untuk para karyawan. 

"Kemudian juha untuk meningkatkan kompetensi profesi di bidang Kepariwisataan. Peserta kegiatan ini berjumlah 50 orang, yang berasal dari para pemilik usaha di bidang kepariwisataan wilayah Kota Tangerang Selatan," pungkasnya.

Komentar:
Eka hospital
Jadwal Puasa
Rspb
RsPB
Loker
ePaper Edisi 28 Maret 2024
Berita Populer
02
PKS Jagokan Kader Di Pilkada Tangsel

TangselCity | 2 hari yang lalu

07
Prakiraan Cuaca Tangerang Rabu 27 Maret 2024

Pos Tangerang | 2 hari yang lalu

10
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo