TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Rasakan Berbagai Manfaat dengan Mengonsumsi Jagung Secara Rutin

Oleh: Mg.1
Sabtu, 08 Juli 2023 | 11:11 WIB
Foto :
Foto :

SERPONG - Jagung merupakan salah satu alternatif makanan pokok orang Indonesia yang juga bisa dikonsumsi sebagai camilan. Jika dikonsumsi secara rutin, jagung memiliki berbagai manfaat yang tentunya baik untuk kesehatan tubuh kita. 

Kandungan karbohidrat yang cukup tinggi pada jagung, dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama. Selain itu, jagung juga dapat mengurangi risiko diabetes dan juga meningkatkan kesehatan mata. 

Biasanya, jagung diolah dengan cara direbus, dibakar, ataupun diolah bersama dengan sayuran. 

Berikut 5 manfaat mengonsumsi jagung:

1. Kenyang Lebih Lama

Jagung mengandung serat yang tinggi, dan dapat mempercepat pemungutan lemak serta membuat rasa kenyang lebih tahan lama. Maka dari itu, jagung merupakan makanan yang tepat untuk dikonsumsi saat diet untuk menurunkan berat badan. 

2. Melancarkan Pencernaan 

Jagung merupakan salah satu makanan yang dapat menyehatkan pencernaan. Hal ini juga disebabkan lantaran kandungan serat yang tinggi pada jagung. Proses pencernaan yang lancar, juga membuat metabolisme tubuh berjalan lancar. 

3. Risiko Diabetes Rendah

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang bisa menyebabkan kematian. Para penderita diabetes pun harus menjaga pola makannya, dengan cara mengonsumsi makanan yang rendah gula. Banyak penderita diabetes yang beralih mengonsumsi jagung, lantaran menghindari nasi. 

4. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan antioksidan yang tinggi pada jagung, juga dapat menjaga imunitas tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Berdasarkan sebuah laporan, terdapat dua senyawa pada jagung bernama lutein dan zeaxanthin yang merupakan pigmen utama pada retina mata, dan diperlukan untuk melindungi mata dari cahaya biru. 

Selain itu, senyawa ini dapat membantu permasalahan pada mata yang berkaitan dengan usia seperti katarak dan degenerasi makula. 

5. Menurunkan Kolesterol

Jagung juga disebut dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kamu bisa mengonsumsi jagung langsung atau berupa minyak jagung. Saat sedang mengalami kolesterol tinggi, tubuh dilarang untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo