TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

BI Tahan Suku Bunga Di Level 5,75 Persen

Oleh: Farhan
Selasa, 25 Juli 2023 | 15:21 WIB
Gubernur BI Perry Warjiyo dan jajaran mengumumkan BI Rate. Foto: Ist
Gubernur BI Perry Warjiyo dan jajaran mengumumkan BI Rate. Foto: Ist

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk mempertahankan BI 7-Day Reverse Repo Rate sebesar 5,75 persen. Kemudian suku bunga Deposit Facility sebesar 5,00 persen, dan suku bunga Lending Facility sebesar 6,50 persen. 

Keputusan ini diambil dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI pada 24-25 Juli 2023. 

Gubernur BI, Perry Warjiyo mengatakan, keputusan mempertahankan BI Rate sebesar 5,75 persen ini konsisten dengan stance kebijakan moneter untuk memastikan inflasi tetap terkendali dalam kisaran sasaran 3,0±1 persen pada sisa tahun 2023 dan 2,5±1 persen pada 2024. 

Fokus kebijakan diarahkan pada penguatan stabilisasi nilai rupiah untuk mengendalikan inflasi barang impor (imported inflation) dan memitigasi dampak rambatan ketidakpastian pasar keuangan global. “Kebijakan insentif likuiditas makroprudensial diperkuat untuk mendorong kredit/pembiayaan dengan fokus hilirisasi, perumahan, pariwisata dan pembiayaan inklusif dan hijau,” ujarnya.

Kemudian, kata Perry, akselerasi digitalisasi sistem pembayaran terus didorong untuk perluasan inklusi ekonomi dan keuangan digital. Bauran kebijakan moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran BI tersebut terus diarahkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo