TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Balapan Sowan Ke Ciganjur

Para Capres Berebut Restu Keluarga Gus Dur

Laporan: AY
Senin, 21 Agustus 2023 | 09:47 WIB
Ganjar Pranowo bersama Yenny Wahid dan Istri Gus Dur. Foto : Ist
Ganjar Pranowo bersama Yenny Wahid dan Istri Gus Dur. Foto : Ist

JAKARTA - Para Bakal Calon Presiden (Capres) belakangan ini balapan sowan ke kediaman istri KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Nyai Sinta Nuriyah, dan putrinya, Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid di Ciganjur, Jakarta Selatan.

Baik Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, maupun Anies Baswedan sudah bertemu. Rencananya, mereka dijadwalkan so­wan secara khusus.

Lantas, seberapa besar penga­ruh keluarga Presiden Indonesia Keempat itu terhadap elektoral Capres? Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komarudin me­nyebut, para Capres ini berebut doa, syukur-syukur dukungan dari keluarga besar Nahdlatul Ulama (NU), khususnya segmen kelompok Gusdurian.

Dikatakan, NU itu banyak irisannya. NU gerbong KH. Yahya Cholil Staquf yakni struktural PBNU, NU gerbong Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yakni para pemilih PKB, serta NU kultural yang salah satunya disimbolkan Gus Dur. Sekarang simbol itu menerus di keluarganya, yakni istri Gus Dur Sinta Nuriyah dan putrinya Yenny Wahid.

"Bu Sinta dan Mbak Yenny ini simbol dan tokoh yang sangat di­hormati Nahdliyin. Khususnya, Gusdurian. Sehingga banyak yang minimal minta doa. Syukur-syukur dapat endorsement," kata Ujang kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Dikatakan, jumlah nahdliyin pengagum Gus Dur tak sedikit. Yang bikin menarik, karena banyak aktivisnya yang menjadi tokoh dan dihormati masyarakat di tempat mereka. "Pilihan Bu Sinta setidaknya akan diikuti dan menyebar ke para pengikut Gusdurian," ucapnya.

Selain ketokohan Nyai Sinta, terbuka kemungkinan sowannya para Capres ini untuk melamar putri kedua Gus Dur sebagai Cawapres di Pilpres 2024. Sebab, bagaimana pun suara dan tokoh NU akan menjadi penentu di Pemilu 2024.

Seperti halnya, berlaku pada Pemilu-pemilu sebelumnya. Yenny merupakan salah satu keturunan berdarah biru pendiri NU, sehingga suka tidak suka akan menjadi representasi nah­diyin. Apalagi, dia bisa menjadi representasi perempuan dan dari Jawa Timur, penentu suara ke­menangan setiap Pilpres. "Yenny ini alternatif ketika Khofifah Indar Parawansa, Mahfud MD, Cak Imin, tidak dipilih atau pun ikut berlaga. Bisa jadi penyeim­bang," tandasnya.

Terbaru, Prabowo dijadwal­kan segera sowan ke Nyai Sinta dan Yenny. "Insya Allah dalam waktu dekat, Bu Yenny dan Bu Sinta," tutur Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra, Ahmad Muzani di Jakarta dua hari lalu.

Namun, Muzani belum mem­beberkan tanggal pertemuan Prabowo dengan Bu Nyai Sinta dan Yenny. "Jadwal dan tanggalnya lagi diatur," ujar Muzani.

Apa tanggapan Yenny soalCapres mau sowan ke Ciganjur? Dikatakan, kediaman keluarganyadi Ciganjur, Jakarta, terbuka bagi semua tokoh. Termasuk para bakal Capres. "Jelas kami membuka diri, semua Capres yang akan sowan ke Ciganjur kami terima," tuturnya saat menghadiri Perayaan HUT Ke-78 RI di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8).

Yenny mengapresiasi dan berterima kasih kepada Capres yang datang. Sebab, keluarganya bisa menitipkan nilai-nilai Gus Dur kepada para calon pe­mimpin bangsa ini. "Siapa pun yang akan berkunjung, sowan, kami menerima dengan tangan terbuka," ujar Yenny

Sebelumnya, Prabowo menyempatkan diri berbincang dengan Nyai Sinta saat momen­tum Sidang Tahunan MPR Tahun 2023 di Gedung Nusantara, Kompleks MPR/DPR, Jakarta, Rabu (16/8).

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo