TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Bupati Tangerang Resmikan Pelayanan Jantung dan NICU RSUD Kabupaten Tangerang

Oleh: Farhan
Rabu, 30 Agustus 2023 | 19:46 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

TANGERANG – Terus optimalkan pelayanan kesehatan, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar meresmikan gedung pelayanan jantung terpadu dan perinatologi NICU RSUD Kabupaten Tangerang, Selasa (29/8).

Zaki mengatakan, peresmian pelayanan jantung terpadu itu merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang dalam meningkatkan kualitas dan fasilitas kesehatan di Kabupaten Tangerang. Sehingga, masyarakat yang membutuhkan pelayanan jantung tidak perlu lagi ke RS yang ada di luar Kabupaten Tangerang.

“Upaya ini menjadi bukti nyata peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Tangerang. Saya ucapkan terima kasih kepada RSUD Tangerang, yang sudah luar biasa melakukan berbagai macam terobosan dan layanan walaupun memang volumenya masih jauh dari ideal, tetapi ini merupakan langkah nyata,” kata Bupati Zaki, Selasa (29/8).

Menurut Zaki, penambahan fasilitas kesehatan di RSUD Kabupaten Tangerang ini, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, serta meningkatkan fasilitas kesehatan. Dia menambahkan, dengan adanya pelayanan jantung NICU ini, diharapkan menjadi salah satu pendorong tolak ukur pelaksanaan pembangunan kesehatan di Kabupaten Tangerang

“Saya sangat menyambut baik diresmikannya Gedung Pelayanan Jantung Terpadu (PJT) dan Gedung Pelayanan Perinatologi/Neonatus Intensive Care Unit (NICU) ini, ” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Pelayanan Rujukan Kementerian Kesehatan RI, Yuli Astuti berpesan agar penambahan fasilitas dan sarana di RSUD Kabupaten Tangerang dibarengi dengan peningkatan kualitas pelayanan.

Menurut Yuli, langkah dan terobosan RSUD Kabupaten Tangerang merupakan sebuah prestasi yang baik. Pasalnya, RSUD Kabupaten Tangerang mampu memberikan layanan kesehatan yang lebih multi spesifik. Karena, mampu menangani kasus dengan kompleksitas tinggi secara terintegrasi, yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

“Kalau NICU itu waktu rawat inapnya sangat lama sekali dan perlu cost besar. Tapi RSUD Tangerang telah berkomitmen, khususnya Bupati Tangerang, untuk melakukan terobosan dan inovasi, dalam memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Tentu ini sangat baik,” ungkap Yuli.

Ditempat yang sama, Dirut RSUD Kabupaten Tangerang, Reniati mengungkapkan, Rumah Sakit Umum Kabupaten Tangerang saat ini telah ditunjuk menjadi rujukan penanganan kardiovaskuler dan KIA oleh Kementerian RI. Sehingga masyarakat Kabupaten Tangerang bisa mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang lebih dekat.

Menurut Reniati, dengan adanya pelayanan Jantung Terpadu dan NICU di RSUD Kabupaten Tangerang ini, kedepannya masyarakat tidak perlu dirujuk ke RSCM atau RS lainnya di luar Kabupaten Tangerang, ketika mengalami permasalahan jantung.

Jadi masyarakat tidak perlu dirujuk ke RSCM atau Harapan Kita. Karena, saat ini di RSUD Kabupaten Tangerang juga sudah bisa. Alhamdulillah, ini juga berkat dukungan dari Bupati yang luar biasa, sehingga kita bisa hadirkan pelayanan jantung terpadu dan NICU ini,” ungkap Reni.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo