TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Merinding! Sekjen PBB Sebut ’Bhinneka Tunggal Ika’ Kunci Atasi Masalah Dunia

Laporan: AY
Kamis, 07 September 2023 | 16:21 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB) Antonio Guterres menyitir semboyan yang digenggam Garuda Pancasila untuk bisa juga dipakai dunia meredakan berbagai ketegangan dan konflik saat ini. Semboyan itu, sebut Antonio adalah Bhinneka Tunggal Ika.

Hal ini disampaikan Antonio kepada awak media di Media Center KTT ASEAN, Kamis (7/9). Dalam kesempatan itu, ia mengutarakan sejumlah masalah dunia yang terus dicarikan jalan keluarnya.

Mulai dari ketegangan di Laut Cina Selatan hingga Semenanjung Korea. Termasuk memburuknya situasi politik, kemanusiaan, dan hak asasi manusia di Myanmar, termasuk di Rakhine.

Ia mengapresiasi peran Indonesia dan ASEAN yang berani ikut andil membangun jembatan pemahaman, demi menciptakan perdamaian.

Menurutnya, dunia sedang diuji oleh berbagai krisis, mulai dari darurat iklim yang semakin parah, eskalasi perang dan konflik, kemiskinan yang meningkat, kesenjangan yang membesar, dan ketegangan geopolitik yang kian parah.

Setelah bicara panjang lebar, Antonio lalu menyebutkan satu kalimat kunci, yang selama menjadi semboyan Indonesia. Ia meyakini semboyan ini bisa menjadi jalan keluar untuk meredakan berbagai masalah di dunia. 

"Bhinneka Tunggal Ika," ucap Antonio. 

Menurutnya, kalimat yang mengarkan persatuan di tengah keragaman diharapkan tidak hanya menjadi motto nasional Indonesia. Tapi juga bisa menjadi solusi untuk membawa dunia ke arah yang lebih baik.

"Ini (Bhinneka Tunggal Ika) adalah kunci untuk membentuk masa depan yang lebih baik untuk semua. Kita memerlukan kerja sama di semua bidang," pungkasnya, sebelum membuka sesi tanya jawab.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo