TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Erick Thohir dan Arief Muhammad Ajak UMKM Saling Kolaborasi Jika Ingin Sukses

Oleh: Mg.1/Jay
Kamis, 07 September 2023 | 17:00 WIB
Foto : Mg.1
Foto : Mg.1

SERPONG - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, mengajak para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk saling berkolaborasi jika ingin sukses. Hal tersebut ia sampaikan pada peresmian kolaborasi antara Rumah BUMN dengan Bisa Tumbuh di Gedung Koperasi dan UKM Tangsel, Kamis (7/9/2023).

“Saya percaya yang tersulit dalam membangun UMKM atau dunia usaha itu sebenarnya market. Jalan pintas, salah satunya yang saya percaya adalah brand ketemu brand, merek ketemu merek,” ucap Erick saat menyampaikan sambutan.

Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa saat ini brand internasional sedang berlomba-lomba untuk saling berkolaborasi satu sama lain. Oleh sebab itu, menurutnya UMKM di Indonesia harus mulai berani mengikuti gerakan tersebut.

“Brand ini dengan brand ini kolab akhirnya menjadi sesuatu tren baru, inilah yang saya rasa kita harus saling belajar. Saya berharap juga untuk UMKM yg ingin maju harus berani juga mengintrospeksi dirinya,” jelasnya.

Kolaborasi antara Bisa Tumbuh dan Rumah BUMN, bertujuan untuk mengembangkan bisnis para pelaku UMKM. Kolaborasi ini ini diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan berdampak positif bagi UMKM di Indonesia.

Arief Muhammad, konten kreator yang merupakan komisaris Bisa Tumbuh, menjelaskan bahwa para pelaku UMKM saat ini harus bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman dan teknologi.

“Mungkin jaman 10 tahun lalu, 15 tahun lalu, kita mau bikin brand baru UMKM, anak kuliah belom lulus kuliah masih bisa bikin sablon baju, bikin clothing line. Sekarang tantangannya udah ga segampang beberapa tahun lalu,” ucap Arief.

Menurutnya, salah satu faktor yang menyebabkan UMKM sulit berkembang adalah karena mereka harus bersaing dengan brand besar lainnya.

“Kita mau jualan di kategori apapun, di situ raksasanya udah ada,” tambah Arif.

Maka dari itu, Bisa Tumbuh hadir untuk membantu para pelaku UMKM mengembangkan bisnisnya dengan mengedepankan kolaborasi.

“Oke kita ajak UMKM maju scale-up bareng. UMKM butuh networking, UMKM butuh modal bisa kita cariin, UMKM butuh skill manajemen, skill marketing segala macem kita bantu semuanya di Bisa Tumbuh. Jadi spirit awal Bisatumbuh seperti itu,” tegasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo