TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Kesadaran Masyarakat Uji Emisi Kian Tinggi

Dishub Klaim 100 Kendaraan Tiap Hari

Laporan: Idral Mahdi
Jumat, 15 September 2023 | 07:20 WIB
Kegiatan Dishub Kota Tangsel tengah melakukan uji emisi kendaraan masyarakat di Cilenggang, Kecamatan Serpong. Animo masyarakat terhadap uji emisi kendaraan kian tinggi.(dra)
Kegiatan Dishub Kota Tangsel tengah melakukan uji emisi kendaraan masyarakat di Cilenggang, Kecamatan Serpong. Animo masyarakat terhadap uji emisi kendaraan kian tinggi.(dra)

SETU-Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terus menggelar layanan uji emisi kendaraan dengan cara keliling di seluruh kecamatan di Kota Tangsel. Bahkan semakin hari animo masyarakat untuk ikuti uji emisi semakin tinggi.

 Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dishub Kota Tangsel, Heris Cahya Kusuma mengatakan, dari data terakhir, per hari masyarakat yang mengikuti uji emisi itu bisa lebih dari 100 kendaraan.

 “Awal-awal itu paling hanya belasan saja yang ikut, dan semakin ke sini itu data per hari bisa di atas 100 kendaraan, masyarakat yang uji emisi,” paparnya saat ditemui di kantornya, di Kecamatan Setu, Kamis (14/9).

 Ia melanjutkan, dengan semakin tingginya kesadaran masyarakat dalam mengikuti atau melakukan uji emisi terhadap kendaraannya, maka akan semakin membantu langkah mengatasi polusi udara di Kota Tangsel.

 “Uji emisi kendaraan in ikan, merupakan salah satu Langkah untuk memperbaiki polusi udara di Kota Tangsel. Dan kelihatannya saat ini kesadaran kita bersama semakin tinggi,” ujarnya.

 Heris juga mengatakan, dalam uji emisi tersebut, retribusi yang dibayarkan hanya sebesar Rp 25 ribu untuk setiap kendaraan.

 “Kalau soal retribusinya itu, sudah diatur dalam Perwal 70 tahun 2022 terkait tarif retribusi. Jadi mobil dan motor itu harganya sama Rp 25 ribu,” paparnya.

 Sedangkan, dari ribuan kendaraan yang telah ikut uji emisi, Heris mengatakan, yang tidak lulus uji emisi itu hanya 4 persen.

 “Dan mereka yang tidak lulus itu, biasanya langsung pulang lagi ke bengkel dan memperbaiki kendaraannya, lalu ikut uji emisi lagi dan akhirnya lulus. Jadi sedikit yang tidak lulus,” ungkapnya.

 Program uji emisi tersebut akan terus berjalan, dan saat ini ada dua kecamatan yang belum disambangi yaitu Ciputat Timur dan Serpong Utara.

 “Jadi masyarakat yang mau ikut uji emisi, pantau saja media sosial Dishub Kota Tangsel. Di sana kami selalu beri info jadwalnya,” pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo