TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Geber 16 Proyek Sampe Akhir Tahun

Pak Basuki Tetap Kerja, Tak Terganggu Pemilu

Laporan: AY
Minggu, 26 November 2023 | 11:35 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono seperti tak terpengaruh dengan hiruk pikuk Pilpres 2024. Di tengah riuh rendah Pilpres, Menteri Basuki tetap kerja menggeber 16 proyek sampai akhir tahun.

Kementerian PUPR memang menargetkan 16 proyek strategis nasional atau PSN selesai pada akhir tahun ini. Beberapa proyek yang ditargetkan selesai tersebut terdiri atas tiga bidang yaitu bendungan, jalan tol, dan perumahan.

“Pada akhir tahun 2023, sebanyak 16 PSN ditargetkan sudah selesai. Setelah selesai 16 PSN, kami akan langsung melanjutkan penyelesaian 9 PSN pada semester I-2024,” kata Menteri Basuki, dikutip dari akun media sosial Instagram Kementerian PUPR, Sabtu (25/11/2023).

Selanjutnya, 15 PSN ditargetkan selesai pada semester II 2024. Kemudian, sisa 42 PSN ditargetkan beres setelah 2024.

PSN bendungan yang digeber beres tahun ini antara lain Bendungan Lolak di Sulawesi Utara, Bendungan Karian di Banten, dan Bendungan Margatiga di Lampung. Kemudian, Bendungan Cipanas di Jawa Barat, Bendungan Pamukkulu di Sulawesi Selatan, Bendungan Temef di NTT dan Bendungan Tiu Suntuk di NTB.

Selanjutnya, Bendungan Sepaku Semoi di Kalimantan Timur, Bendungan Ameroro di Sulawesi Tenggara, dan DI Baliase di Sulawesi Selatan. Adapun PSN berupa jalan tol yaitu Tol Kisaran-TebingTinggi, Tol Serpong-Cinere, Tol Cinere-Jagorawi, dan Tol Cimanggis-Cibitung.

PSN lainnya adalah pembangunan perumahan, yakni Rumah Susun (Rusun) Lanud Halim Perdana Kusuma, dan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) pendukung ASEAN Summit di Tana Mori dan Labuan Bajo, NTT.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengapresiasi. Menurut dia? seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan PSN di Indonesia selama 8 tahun ini, terutama Kementerian PUPR yang telah menyelesaikan jumlah PSN terbanyak.

Apresiasi tersebut disampaikan Airlangga dalam acara Sewindu Proyek Strategis Nasional bertajuk Malam Apresiasi menuju Indonesia Emas 2045, di Jakarta, Jumat malam. Malam Apresiasi Sewindu PSN merupakan acara penutup yang mengapresiasi para sponsor, pengumuman pemenang berbagai perlombaan, dan penyerahan Kolase Lukisan Infrastruktur terbesar di Indonesia yang mendapatkan Rekor MURI.

Airlangga mengatakan, pada tahun 2035 Indonesia diproyeksikan akan mulai menikmati puncak bonus demografi dan Indonesia telah menargetkan pencapaian pendapatan per kapita setara dengan negara maju sekitar 23 ribu hingga 30 ribu dolar AS pada 2045.

Dalam perjalanan menuju target tersebut dibutuhkan perluasan dan peningkatan infrastruktur transportasi. Dengan konektivitas yang semakin baik akan membantu mendorong terciptanya ekonomi di kawasan baru, serta meningkatkan mobilitas masyarakat dan barang. Beberapa proyek infrastruktur, termasuk di sektor transportasi, sudah termasuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN). Untuk mempercepat pembangunan berbagai PSN itu diperlukan investasi yang tidak sedikit dan tidak dapat bergantung hanya pada APBN atau APBD saja.

“Saat ini, Pemerintah telah menyusun rancangan peraturan skema pembiayaan non APBN seperti Hak Pengelolaan Terbatas (Limited Concession Scheme) dan Land Value Capture untuk menyongsong investasi infrastruktur di masa depan,” kata Airlangga.

Dalam 8 tahun terakhir ini terdapat 173 PSN yang telah dioperasikan dengan nilai investasi mencapai Rp 1.442,3 triliun. Proyek infrastruktur yang telah terealisasi akan berdampak signifikan menciptakan konektivitas kuat, sehingga mampu mengalirkan perekonomian dari pusat ke daerah, dan menghasilkan efek positif yang merata di seluruh wilayah Indonesia. “Kita perlu mempertahankan momentum ini dan melanjutkan PSN,” kata Airlangga.

Adapun jumlah PSN yang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR selama periode 2016-2023 adalah 201 PSN. Sebanyak 88 PSN telah diselesaikan dengan rincian 54 PSN selesai dan keluar dari daftar, dan sebanyak 34 PSN telah selesai dan masih dalam daftar Permenko Perekonomian No. 7/2023

Kabar soal Menteri Basuki ini mendapat tanggapan positif dari warganet. Pemilik akun @armyindah mengaku suka dengan gaya Menteri Basuki. Tak banyak bicara, tapi giat bekerja. “Baba Basuki idolaku,” ujarnya. Akun @edorizki menyampaikan hal yang sama.

Ia berharap Menteri Basuki bisa menyelesaikan semua PSN sesuai target. “Semoga Presiden 2024 nanti Menteri PUPR nya tetap Pak Basuki,” ujarnya sambil memberikan emoticon tanda hati. “Emang jos Pak Basuki,” timpal @violinmakernors.

Sementara itu, akun @veraaugustina meminta Pak Basuki agar merencanakan pembangunan PSN dengan baik. Misalnya jangan sampai PSN mengorbankan sawah produktif. “Kalau semua jadi batu, apa bisa menghasilkan bahan pokok,” sarannya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo