TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Penyerapan Anggaran Baru Capai 40 Persen, Pilar Optimis Triwulan II Bisa Kejar Target

Laporan: Rachman Deniansyah
Selasa, 28 Mei 2024 | 16:33 WIB
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

CIPUTAT, Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Pilar Saga Ichsan menyebut, angka penyerapan anggaran kini baru mencapai 40 persen.

Meski begitu, Ia optimis pada akhir Triwulan II nanti mampu mencapai target yang telah dicanangkan.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, memang untuk mencapai 100 persen dari target memang agak sulit. Tapi Insya Allah bisa terkejar di Triwulan kedua ini," ujar Pilar di Puspemkot Tangsel, Selasa (28/5/2024).

Ia menerangkan, masih minimnya capaian penyerapan anggaran saat ini disebabkan oleh sejumlah proses kegiatan yang masih berlangsung. Terutama pekerjaan yang berkaitan dengan infrastruktur atau pembangunan fisik.

"Ada yang masih di bawah, itu memang seperti infrastruktur atau konstruksi itu rata-rata triwulan kedua dan ketiga yang capaiannya tinggi. Kalau triwulan pertama memang proses lelang dan lain sebagainya. Tapi saya yakin di triwulan kedua ini bisa mengejar," ungkap Pilar.

Pilar mengatakan, harapannya tersebut juga telah Ia ungkapkan kepada seluruh jajarannya agar target tersebut bisa dikejar.

"Yang penting sesuai aturan, yang penting hati-hati jangan sampai ada administrasi yang dilewati. Nanti pada triwulan akhir kita bisa melihat realisasi keseluruhan. Saya sih optimis bisa tahun kemarin bahkan realisasinya bisa lebih baik lagi dari pada tahun sebelumnya. Tidak ada kendala berarti," jelas Pilar. 

Lebih lanjut, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Tangsel, Wawang Kusdaya melanjutkan bahwa untuk sejumlah dinas yang memiliki program pembangunan fisik, prosesnya kini masih berjalan.

"Masih ada yang lelang, ada yang baru kontrak. Memang proyek fisik itu kan tahapannya panjang. Kalau disampaikan beberapa kepala dinas teknis baru selesai tanda tangan kontrak. Ada yang proses belanja melalui e-katalog," jelas Wawang.

Namun Ia optimis, hingga akhir triwulan II nanti capaian tersebut akan bertambah seiring waktu.

"Triwulan II hingga akhir Juni mudah-mudahan bisa mendekati angka 50 persen lah. Sesuai pagu-nya," pungkasnya.

Komentar:
ePaper Edisi 27 September 2024
Berita Populer
02
Polisi Ringkus Pelaku Penculikan Anak di Ciputat

TangselCity | 2 hari yang lalu

03
07
Pimpinan DPRD Kota Tangerang Ditetapkan

Pos Tangerang | 1 hari yang lalu

08
Siswi Korban Penculikan Didampingi Psikolog

TangselCity | 2 hari yang lalu

GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo