TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

DPMPTSP Layani Ratusan Pedagang Pasmod BSD Urus NIB Gratis

Laporan: Rachman Deniansyah
Rabu, 26 Juni 2024 | 15:05 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memfasilitasi ratusan pedagang di Pasar Modern BSD yang belum memiliki administrasi ijin usaha berupa Nomor Induk Berusaha (NIB) dengan cara jemput bola.

Layanan pembuatan NIB ini diberikan secara gratis, tanpa dipungut biaya apapun. Kegiatan ini digelar di area parkir Pasar Modern BSD, Serpong, Tangsel, Rabu (26/6/2024).

Program tersebut pun berhasil menyedot antusias yang luar biasa. Sejak baru dibuka, gerai pelayanan langsung diserbu oleh para pelaku usaha. 

Kepala DPMPTSP Kota Tangsel, Maulana Prayoga mengatakan, program ini merupakan bentuk pelayanan sekaligus memberi kemudahan bagi para pedagang untuk memiliki perizinan usahanya.

"Jadi harapannya tidak ada hambatan-hambatan lagi bagi para pelaku UMKM, karena tidak punya izin. Jadi ini adalah arahan dari pimpinan untuk memfasilitasi para pedagang agar tidak ada hambatan dalam proses perizinan NIB," ujar Yoga. 

Ia mengatakan, pelayanan ini disajikan secara gratis dengan cara menjemput bola. 

Tak hanya membuka pelayanan bagi para pedagang yang hendak membuat perizinan usahanya, pada kesempatan yang sama ini DPMPTSP Kota Tangsel juga menghadirkan lembaga perpajakan dan BPJS Ketenagakerjaan. 

"Kami juga disupport oleh pengelola pasar, beliau juga punya data base. Ternyata memang di sini juga banyak yang belum punya NIB. Harapannya kita datang ke sini mereka bisa mengurusnya. Kita juga melibatkan teman-teman pajak, karena salah satu syaratnya adalah NPWP. Jika mereka tidak punya, sekarang bisa dibuat dengan cepat. Tadi saya sudah tanya, gak 5 menit jadi. Jadi NPWP dapat, kemudian administrasi perizininan juga jadi secara free," paparnya. 

Program ini tak hanya berhenti sampai di sini, Yoga menyebut, akan meneruskan program ini di lokasi lainnya.  

"Ini adalah kolaborasi, dari pengelola pihak swasta, kami dari pemerintah menyediakan SDM, perpajakan, dan juga kita hadirkan BPJS ketenagakerjaan. Berikutnya, habis dari sini kita geserlah ke pasar modern lainnya, atau juga lokasi lain," ucap Yoga. 

Sementara itu, Pengelola Pasar Modern BSD City, Muhammad Bakri mengungkapkan, program ini sangat membantu para pedagang yang berjualan di Pasar Modern BSD. 

Sebab tak dipungkiri, masih banyak pedagang yang belum mengerti dan memiliki izin usahanya. 

"Yang belum itu sekitar 40 persen total 830 UMKM yang ada di Pasar Modern BSD ini. Alhamdulillah, memang di pasar modern ini masih ada pedagang yang belum bisa baca dan tulis. Sehingga dengan kegiatan ini, mereka bisa mengerti bahwa ketika mereka ingin membuka usaha harus membuat NIB. Dengan kemudahan ini, Alhamdulillah mereka bisa tahu. Mereka senang dan antusias," singkatnya.

Komentar:
ePaper Edisi 27 September 2024
Berita Populer
02
Polisi Ringkus Pelaku Penculikan Anak di Ciputat

TangselCity | 2 hari yang lalu

03
07
Pimpinan DPRD Kota Tangerang Ditetapkan

Pos Tangerang | 1 hari yang lalu

08
Siswi Korban Penculikan Didampingi Psikolog

TangselCity | 2 hari yang lalu

GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo