TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Sukseskan PIN Polio, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektor

Oleh: Mg.Fikri
Rabu, 03 Juli 2024 | 16:03 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

TANGERANG - Sukseskan pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang lakukan rapat koordinasi lintas sektor di Hotel Lemo, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Rabu (3/7/2024).

Polio merupakan penyakit atau virus yang menyebabkan kelumpuhan bagi orang yang mengidap dan dapat menular melalui air atau makanan yang telah kontak langsung oleh pengidapnya, namun penyakit ini dapat dicegah dengan melakukan vaksinasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr. Achmad Muchlis, menjelaskan bahwa Indonesia memiliki risiko tinggi di beberapa daerahnya.

“Berdasarkan penilaian risiko yang telah dikeluarkan oleh Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization), Indonesia telah masuk ke dalam kategori wilayah yang memiliki risiko tinggi dalam penularan polio, terutama di 399 Kabupaten/Kota dan 32 Provinsi di Indonesia,” ucap Muchlis.

Dalam rapat koordinasi untuk mencegah Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit polio ini, dinkes akan melaksanakan upaya meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat melalui imunisasi dalam mencegah terpaparnya penyakit tersebut. 

“PIN Polio ini akan dimulai pada 23 Juli 2024 yang menggunakan vaksin novel Oral Polio Vaccine type 2 (nOPV2), dan estimasi target di Kabupaten Tangerang ini sebanyak 438.523 orang dengan jumlah alokasi vaksin sebanyak 1.096.400 dosis,” katanya.

Upaya pencegahan ini ditekankan oleh Dinas Kesehatan karena untuk menjaga kesehatan anak-anak dan dapat mencegah terjadinya polio di wilayah Kabupaten Tangerang.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo