TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Ratusan Anak Diimunisasi Polio di RSU Tangsel

Laporan: Rachman Deniansyah
Jumat, 26 Juli 2024 | 08:00 WIB
Kebahagiaan orang tua dan anak saat mengikuti Pekan Imunisasi Nasional Polio di RSU Tangsel. Foto : Ist
Kebahagiaan orang tua dan anak saat mengikuti Pekan Imunisasi Nasional Polio di RSU Tangsel. Foto : Ist

PAMULANG, Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) fasilitasi kegiatan imunisasi bagi ratusan anak dalam rangka Pekan Imunisasi Nasional Polio (PIN Polio), Kamis (25/7/2024).

Dokter spesialis anak RSU Tangsel, Runtika Dewi menyampaikan, Pekan Imunisasi Nasional ini digencarkan sesuai dengan amanat Presiden melalui Kementerian Kesehatan dalam merespons terjadinya Kasus Luar Biasa (KLB) Polio beberapa waktu lalu di Tanah Air.

Atas hal itu, program ini pun masif dilakukan di seluruh wilayah Indonesia. Termasuk di wilayah termuda se-Provinsi Banten ini.

"PIN polio ini sasarannya adalah anak berusia 0-7 tahun (0-8 tahun kurang sehari) atau 0-7 tahun (0-7 tahun 11 bulan 29 hari)," ujar Runtika.

Ia menyebut, program yang dilaksanakan oleh RSU Tangsel ini mengundang antusias masyarakat yang luar biasa. Sedikitnya, ada ratusan anak dari berbagai wilayah di Tangsel yang ikut dalam program imunisasi ini.

"Yang sudah mendaftar 150 anak. Awalnya kami buka pendaftaran melalui sistem online. Kemudian ada juga yang mendaftar secara in the spot, kami fasilitasi juga. Sehingga kami menyiapkan sebanyak 3 vial. Untuk 1 vial itu untuk 50 dosis," jelasnya.

Dengan antusias yang cukup baik ini, diharapkan agar cakupan imunisasi polio di Tangsel dapat menyentuh angka yang tinggi.

"Semoga dengan cakupan yng semakin meningkat kita bisa mengeliminasi virus polio ini," ungkap Runtika.

Ia mengatakan, tak ada syarat khusus bagi masyarakat yang ingin mengikuti PIN Polio di RSU Tangsel.

"Kami buka untuk umum. Syaratnya hanya cukup membawa KIA dan KK. Selain itu, imunisasi atau vaksinasi polio ini hanya bisa diberikan untuk anak yang sehat. Kalau sedang demam, atau sakit berat, ataupun siare sebaiknya ditunda dulu. Hingga sampai sehat baru bisa diberikan," terangnya.

Pada kesempatan itu, Runtika mengimbau kepada masyarakat agar segera membawa buah hatinya untuk mengikuti imunisasi polio.

"Karena Indonesia sudah ditetapkan oleh WHO sebagai salah satu negara yang beresiko terhadap penularan virus polio. Maka sebaiknya kita melaksanakan PIN polio ini. Jadi orang tua, masyarakat tidak perlu takut. Sebab dengan imunisasi ini, anak yang terlindung dari penyakit polio akan semakin banyak," pungkasnya. (Adv)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo