TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Undangan Upacara Agustusan Di IKN SBY-Mega Diundang

Laporan: AY
Jumat, 09 Agustus 2024 | 08:06 WIB
Tempat upacara 17 Agustus 2024 di IKN. Foto : Ratna RM
Tempat upacara 17 Agustus 2024 di IKN. Foto : Ratna RM

JAKARTA - Pemerintah mengundang Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke-6 Soesilo Bambang Yudhoyono untuk hadir dalam upacara HUT Kemerdekaan Ke-79 RI, di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Surat undangan untuk kedua mantan presiden itu, sudah diantar. Namun, apakah keduanya akan hadir, masih belum bisa dipastikan. 

Upacara HUT Kemerdekaan RI kali ini memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. HUT Kemerdekaan tidak lagi berpusat di Istana Merdeka, Jakarta, melainkan di IKN Nusantara, Kalimatan Timur.

Presiden Jokowi akan memimpin langsung perayaan HUT RI di IKN Nusantara. Presiden terpilih Prabowo Subianto bersama sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM) akan ikut mendampingi Jokowi. 

Para tamu VIP seperti Presiden ke-5 dan Presiden ke-6 diundang untuk hadir dalam upacara di IKN. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, M Yusuf Permana mengatakan, setelah undangan tersebut diterima, pihak Istana akan menindaklanjutinya terkait protokoler.

"Kami akan meminta atau memohon konfirmasi kehadiran beliau sehingga kami dapat mengatur rencana penampilan beliau dengan sebaik-baiknya," kata Yusuf, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (8/8/2024).

Yusuf menuturkan, pemerintah akan menyiapkan akomodasi dan transportasi bagi para mantan presiden yang hadir di IKN, termasuk penginapannya. "Untuk mantan presiden kami persiapkan juga hotel di IKN," cetus Yusuf.

Nantinya, upacara di IKN akan digelar secara hybrid. Tata upacara akan digelar di IKN, sementara kesenian dan hiburan akan digelar di Istana Jakarta.

Misalnya, kegiatannya di Jakarta, maka yang di IKN menyaksikan pakai layar besar. "Begitu juga sebaliknya, ketika kegiatan di Istana Negara di IKN, yang hadir di Istana Merdeka akan melihat acara menggunakan layar," terang Yusuf.

Sekadar informasi, HUT RI ke-79 di IKN, merupakan yang pertama kali dalam sejarah. Sebanyak 1.400 tamu diundang untuk menghadiri Upacara 17 Agustus di IKN. Sedangkan, peringatan Upacara HUT Kemerdekaan RI di Istana Merdeka akan mengundang masing-masing 3.500 orang untuk jadwal pagi dan sore hari.

Upacara 17 Agustus pertama di IKN bakal dipimpin Presiden Jokowi, didampingi presiden terpilih Prabowo Subianto. Sementara upacara di Jakarta dipimpin Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang didampingi wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Selain presiden terpilih, Istana juga bakal mengundang mantan presiden, para pimpinan lembaga negara, para menteri, Panglima TNI, Kapolri, hingga para pegawai untuk mengikuti HUT RI di IKN.

Sedangkan untuk di Jakarta, panitia juga mengundang mantan wakil presiden, para menteri, tokoh agama, budaya, hingga masyarakat sekitar Istana Merdeka Jakarta, dan pejabat TNI Polri ASN. “Sarana dan prasarana, baik di Istana Negara IKN dan Istana Merdeka Jakarta, sampai saat ini terus dilakukan penyempurnaan agar saatnya nanti dapat dengan baik," kata Yusuf.

Apakah Mega dan SBY akan hadir? Juru Bicara PDIP Aryo Seno Bagaskoro memastikan, undangan dari Istana sudah diterima oleh Mega. Undangan diantar langsung oleh Menteri Sekretaris Kabinet yang juga politisi PDIP Pramono Anung. 

Namun, Seno belum bisa memastikan apakah Mega akan hadir di IKN. Mengingat, banyak tugas yang diemban Mega, baik sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) maupun Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Seno menyebut, banyak tugas yang harus dipersiapkan Mega, termasuk pengibaran replika Bendera Merah Putih. "Jadi ada banyak fokus juga yang dilaksanakan," katanya, saat dikonfirmasi, Kamis (8/8/2024) malam.

Berarti tidak hadir? Seno belum bisa memastikan. Datang atau tidak, kata dia, masih tentatif. " Tapi sejauh ini undangan sudah ada di kami dan kami menghargai dan menghormati itu," tegas Seno.

Sama seperti Mega, Presiden RI ke-6 SBY juga belum dipastikan akan hadir atau tidak dalam HUT RI di IKN. Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra saat dihubungi Redaksi, semalam, belum merespons.

Namun, ada kabar bahwa SBY akan kembali menghadiri rangkaian Upacara HUT ke-79 RI di halaman Pendopo Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Kegiatan ini, dilakukan SBY pada HUT RI tahun lalu.

"Insya Allah begitu, jika tidak ada halangan, beliau hadir dan mengikuti rangkaian upacara memperingati HUT Ke-79 RI dan detik-detik pembacaan proklamasi di Pendopo Kabupaten Pacitan," kata Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji di Pacitan, Selasa (6/8/2024).

Aji, sapaan Indrata Nur Bayuaji mengatakan, SBY tidak akan hadir sendiri, tapi membawa rekan-rekannya di TNI. "Pak SBY akan bawa teman-teman semasa menjalani pendidikan di Akademi Militer (Akmil)," pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo