TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Fraksi Demokrat Harap Perseroda PITS Harus Beri Sumbangsih Bagi Daerah

Laporan: Idral Mahdi
Rabu, 14 Agustus 2024 | 07:30 WIB
Anggota Fraksi Demokrat Julham Firdaus serahkan pandangan umum penyertaan modal Perseroda PITS.(dra)
Anggota Fraksi Demokrat Julham Firdaus serahkan pandangan umum penyertaan modal Perseroda PITS.(dra)

SETU-Fraksi Demokrat DPRD Kota Tangsel berikan pandangan umumnya terkait dengan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pernyertaan Modal Perseroda PITS sebentar Rp 62 miliar yang akan dibayarkan secara bertahap.

Secara umum, Fraksi Partai Demokrat DPRD Kota Tangsel menyetujui penyertaan modal tersebut, namun, dalam pengelolaannya harus dilakukan dengan profesional dan memberikan dampak positif bagi masyarakat Tangsel.

Anggota Fraksi Partai Demokrat, Julham Firdaus mengatakan, Fraksi Partai Demokrat berharap Perseroda PITS sebagai BUMD Tangsel diharapkan mampu mendorong peningkatan PAD.

“Yang artinya lembaga profit oriented dengan maksud meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dari deviden yang disetorkan ke kas daerah. Keberhasilan kinerja BUMD didasarkan kepada seberapa besar kemampuannya menyumbangkan deviden kepada APBD,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, Perseroda PITS juga harus meningkatkan pelayanan publik. Dimana pendiriannya Perseroda PITS juga dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan kepada publik sehingga profit bukan menjadi motif operasi perusahaan.

“Pendekatan penilaian kinerja keuangannya dilakukan dengan melihat kemampuannya dalam melakukan cost recovery dengan tingkat efisiensi serta kualitas pelayanannya,” ujarnya.

Dia menjelaskan, BUMD yang maksud pendiriannya sebagai pioneering kemungkinan bisa mengalami kerugian akibat risiko bisnis sehingga Pemda harus menyiapkan alokasi penambahan modal untuk menutupi kerugian yang terjadi.

“Keberadaan Perseroda PITS ini juga bisa ditugaskan untuk membina pengusaha lemah dengan maksud untuk melakukan pemerataan, edukasi dan pengembangan usaha kecil dan menengah agar dapat naik kelas yang lebih tinggi,” ungkapnya.

Julham mengatakan, Fraksi Demokrat juga akan terus mengawasi dalam perjalannya Perseorda PITS dalam memberikan pelayanan air bersih bagi masyarakat Kota Tangsel.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo