TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Kang Emil-Suswono Resmi Deklarasi Cagub-Cawagub DKI

Laporan: AY
Selasa, 20 Agustus 2024 | 08:21 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Pasangan Ridwan Kamil (RK) dan Suswono resmi deklarasi sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur di Pilgub DKI Jakarta 2024. RK-Suswono akan menjadi satu-satunya paslon yang diusung di Pilgub Jakarta lewat jalur parpol. Karena pasangan ini berhasil borong 12 parpol.

Deklarasi RK-Suswono digelar di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (19/8/2024) dengan sangat meriah. Selain simpatisan dan relawan, seluruh perwakilan parpol pengusungnya hadir.

Beberapa tokoh yang hadir di antaranya, Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Sekjen PAN Eddy Soeparno, Sekjen Golkar Lodewijk F. Paulus, Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harsya, dan Sekjen NasDem Hermawi Taslim. Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka juga turut hadir di acara ini.

Acara dimulai sekitar pukul 15.30 WIB, lebih cepat dari jadwal yang sebelumnya direncanakan pada malam hari. Acara dibuka dengan sambutan dari masing-masing Sekjen parpol pendukung. Total ada 12 parpol yang memberikan dukungan yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.

Mereka adalah Gerindra, Golkar, Demokrat, PKB, PAN, NasDem, PKS, dan PPP. Dukungan juga datang dari PSI, Perindo, Gelora, dan Garuda.

Sejam setelah acara dibuka, Gibran datang ke lokasi. Sekjen PPP Arwani Thomafi yang sedang memberikan sambutan di atas mimbar, jeda sebentar menyambut kehadiran Gibran. Mantan Walikota Solo itu pun menyalami para elite parpol, lalu duduk di samping Ridwan Kamil.

Setelah sambutan selesai, para pimpinan KIM plus naik ke atas panggung menandatangani deklarasi mendukung RK-Suswono. Prosesi dipimpin oleh Sekjen Gerindra Ahmad Muzani. Isi deklarasi menyatakan mendukung RK-Suswono sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Pilgub DKI Jakarta.

Kami siap memenangkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono menjadi gubernur dan wakil gubernur Daerah Khusus Jakarta periode 2024-2029," imbuhnya.

Saat foto bersama, Gibran naik ke atas panggung. Putra sulung Presiden Jokowi itu, lalu menggandeng tangan RK dan Suswono bersama 12 pimpinan parpol pengusungnya.

Dalam acara itu, Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Emil menyoroti berbagai masalah Jakarta. Mulai dari krisis iklim, banjir, dan polusi. Selain itu, persoalan yang diakibatkan oleh kepadatan penduduk seperti kurangnya ruang terbuka hijau, juga disingggungnya.

Mantan Gubernur Jawa Barat ini berjanji akan bekerja keras untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut demi meningkatkan kualitas hidup warga Jakarta. Dia mengaku telah menyiapkan sejumlah solusi teknis untuk menangani persoalan tersebut.

"Saya betul-betul akan kerja keras, karena saya punya anak kecil, saya tidak mau anak-anak di Jakarta bahagianya hanya di shopping mall,” kata Emil.

Dalam kesempatan yang sama, Emil juga menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan kepadanya dan Suswono. Dia bilang, akan segera beradaptasi guna mewujudkan Jakarta sesuai dengan yang dicita-citakan Koalisi Jakarta Baru untuk Jakarta Maju.

“Kami punya ikhtiar untuk mencapai impian ini,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Suswono mengaku, tidak menyangka akan menjadi pendamping Emil di Pilkada Jakarta. Namun, mantan Menteri Pertanian yang juga Ketua Majelis Pertimbangan Pusat PKS ini, mengaku siap menerima amanah menjadi cawagub.

"Kami siap menerima amanah ini dengan sebaik-baiknya," tutupnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo