TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Paus Fransiskus Tiba Di Indonesia, Menaiki Toyota Kijang Innova Zenix Selama Kunjungan Di Jakarta

Laporan: AY
Selasa, 03 September 2024 | 13:04 WIB
Foto : RM
Foto : RM

JAKARTA - Pemimpin gereja Khatolik dunia, Paus Fransiskus tiba di Indonesia sekitar pukul 11.30 WIB. Ini merupakan rangkaian perjalanan apostolik ke kawasan Asia Pasifik.

Kedatangan Paus yang menggunakan pesawat komersial, Alitalia itu langsung disambut oleh Ketua Panitia Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia, Ignasius Jonan; Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Piero Pioppo, dan Dewan Pertimbangan Presiden Gandi Sulistiyanto.

Hadir pula Uskup Agung Jakarta Kardinal Ignatius Suharyo, Ketua Konferensi Waligereja Indonesia Antonius Subianto Bunyamin. 

Saat turun, Paus langsung disambut oleh anak berumur 6 tahun berbaju adat Papua, yakni Mary Lourdes Wicaksono Atmojo. Paus terlihat menyapa Mary sambil terlihat tertawa ramah sembari bersalaman. Paus pun langsung menyalami para penyambutnya. 

Usai salaman, Paus langsung menaiki mobil Toyota Innova Zenix Hybrid Putih dengan kaca transparan. Paus duduk di depan.

Paus dijadwalkan langsung menuju Kedutaan Vatikan. Paus Fransiskus bakal melewati Tol Prof. DR. Soedyatmo lalu menuju Tol Senayan.

Agenda Paus pun cukup padat di Indonesia. Paus rencannya akan bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Negara pada Rabu (4/9/2024). Kemudian dilanjutkan melakukan pertemuan dengan para uskup, imam, diakon, biarawan-biarawati, seminaris, dan katekis di Gereja Maria Diangkat ke Surga, Gereja Katedral Jakarta.

Keesokan harinya, Kamis (5/9/2024), Paus akan menghadiri interreligious meeting atau pertemuan dengan para tokoh antaragama di Masjid Istiqlal Jakarta sekitar pukul 09.00 WIB.

Kemudian disusul pertemuan dengan penerima manfaat organisasi amal di kantor Konferensi Waligereja Indonesia (KWI).

Sore harinya pada pukul 17.00 WIB, Paus akan mengadakan misa akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta. Misa ini bakal dihadiri puluhan ribu umat Khatolik.

Ketua Panitia Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia, Ignasius Jonan mengatakan, Paus akan menggunakan kendaraan atau mobil sipil saat kunjungan di Jakarta. Mobil sipil yang dimaksud adalah Toyota Kijang Innova Zenix.

"Civil car yang digunakan oleh Sri Paus itu adalah Toyota Kijang Zenix ya," kata Jonan di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Senin (2/9/2024).

Untuk diketahui, Toyota Kijang Zenix merupakan mobil buatan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Toyota Kijang Zenix resmi diluncurkan di Indonesia, pada 21 November 2022. Mobil ini ditawarkan dalam dua pilihan, yakni mesin bensin dan teknologi hybrid.

Selain dua mesin itu, Toyota Juga mengembangan Toyota Innova Zenix Battery Electric Vehicle (BEV). Saat ini, model tersebut sudah di ujicoba hingga mendekati 70.000 kilometer. Bahkan, Kijang Innova Zenix BEV sudah menjadi kendaraan antar jemput wisatawan di The Stones Hotel Bali.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo