TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Puan Senang, Ada Wacana Pertemuan Prabowo-Megawati Sebelum Pelantikan Presiden 1

Oleh: Farhan
Rabu, 11 September 2024 | 08:41 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Wacana bakal ada pertemuan antara Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto sebelum 20 Oktober ini, disambut baik banyak kalangan. Ketua DPR yang juga putri Megawati, Puan Maharani ikut senang dengan wacana tersebut. Puan optimis, pertemuan itu, tinggal menunggu waktu.

Menurut Puan, komunikasi sedang dilakukan kedua belah pihak untuk mewujudkan pertemuan Prabowo-Mega. “Silaturahmi penting, akan ada pertemuan, Insya Allah iya,” tutur Puan, usai memimpin rapat paripurna DPR, di Komplek Parlemen, Jakarta, Selasa (10/9/2024).

Jika nanti ketemu, apa yang dibahas Prabowo-Mega? Puan menjawab nggak tahu.

“Kalau sudah bertemu kan pasti membahasnya banyak hal,” tegasnya.

Saat ditanya apakah rencana pertemuan itu, sinyal PDIP akan gabung ke pemerintahan, Puan menggeleng. Dia hanya bilang, kalau pertemuan itu, merupakan silaturahmi antara Presiden ke-5 dengan Presiden terpilih ke-8.

“Bahwa akan ada pembicaraan sampai ke situ, kita tunggu saja,” tutur perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

Puan juga tidak memberi kepastian kapan waktu pertemuan Mega dan Prabowo. Namun, dia mengisyaratkan pertemuan keduanya akan dilakukan sebelum pelantikan Prabowo sebagai Presiden, 20 Oktober mendatang.

“Nanti kalau sudah pada waktunya pasti teman-teman media juga tahu. Insya Allah (sebelum 20 Oktober 2024),” ungkap Puan.

Cucu Bung Karno tersebut kembali menegaskan, untuk saat ini belum ada rencana PDIP bergabung ke koalisi Prabowo. Meski begitu, Puan memastikan komunikasi dengan Prabowo selalu berjalan baik.

“Masih terlalu jauh (pembahasan soal kabinet) dan komunikasi sudah kita lakukan,” jelas mantan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) itu.

Kan saya juga sering ketemu Pak Prabowo di acara-acara Pak Prabowo. Jadi, ya selalu berkomunikasi, selalu bersilaturahmi,” tambah Puan.

Terpisah, Juru Bicara PDIP, Chico Hakim mengaku bukan sesuatu yang mustahil Mega dan Prabowo bertemu. Pertemuan keduanya, lanjut Chico, hanya menunggu waktu.

“Hubungan antara Pak Prabowo dan Ibu Megawati tidak pernah mengalami permasalahan, secara emosional dan historis mereka mempunyai hubungan yang baik,” beber Chico, kepada Redaksi.

Ketika ditanya kapan keduanya bertemu, Chico belum mengetahui pasti. Kendati demikian, dia berharap pertemuan kedua negarawan itu, bisa terlaksana dalam waktu dekat.

“Kita tunggu saja. Saya belum dapat update terakhir kapannya,” sebut dia.

Kendati demikian, Chico menekankan jika pertemuan Mega dan Prabowo terlaksana, tidak serta merta PDIP akan memutuskan bergabung dengan pemerintahan Prabowo. Menurutnya, hal itu akan diputuskan dalam kongres partai.

“Karena ada mekanisme di partai kami untuk memutuskan suatu kebijakan yang sangat penting, strategis, kita menunggu sampai kongres berlangsung di tahun 2025,” tutur dia.

Politisi Gerindra, Hendarsam Marantoko menyatakan hal serupa. Dia belum mengetahui informasi pasti apakah bulan ini atau bulan besok Mega dan Prabowo akan berjumpa. “Belum pasti untuk waktu kapannya,” singkat Hendarsam.

Di sisi lain, Direktur Rumah Politik Indonesia Fernando Emas berpandangan banyak pihak yang menyambut baik wacana pertemuan Mega dan Prabowo.

Apalagi, ada upaya ingin menjadwalkan pertemuan keduanya sebelum Prabowo dilantik sebagai Kepala Negara.

“Kalaupun ada titip salam dan saling memuji antara Megawati dengan Prabowo hanya ingin membuka kepada masyarakat bahwa hubungan keduanya baik-baik saja, dan tidak ada persoalan,” kata Fernando saat dihubungi Redaksi.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo