TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pesawat Kepresidenan Mendarat Perdana di Bandara VVIP IKN

Laporan: AY
Selasa, 24 September 2024 | 20:46 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

IKN - Pesawat Kepresidenan RJ85 yang terbang dari Pontianak, Kalimantan Barat, berhasil mendarat perdana dengan lancar di Bandara Nusantara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Selasa (24/9/2024). Pesawat tersebut mengantar Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja di beberapa wilayah Kalimantan.

“Alhamdulillah, ini landing yang pertama, berjalan dengan baik. Semuanya berjalan dengan lancar dan ini adalah pertama kali saya turun di Bandara Nusantara,” ucap Jokowi.

Jokowi lalu memuji kualitas Bandara Nusantara. “Landing mulus, kemudian tadi masuk sangat bagus. Tidak terlalu besar tapi lebih dari cukup,” ujarnya.

Kepala Negara berharap, manfaat Bandara Nusantara di IKN dapat dirasakan lebih banyak masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, persiapan pendaratan pesawat Kepresidenan dilakukan selama beberapa minggu ke belakang. Menhub menerangkan, pengerjaan Terminal VVIP telah hampir rampung.

“Hari ini, 24 September 2024, saya di Bandara Nusantara. Hari ini adalah pendaratan bersejarah, Alhamdulillah Pak Presiden sudah mendarat di sini,” ujarnya.

Melihat kondisi saat ini, Menhub optimis, Bandara IKN akan selesai dibangun secara keseluruhan, dengan runway sepanjang 3.000 meter, sesuai target waktu yakni pada 31 Desember 2024.

Bandara Nusantara IKN saat ini memiliki landasan pacu berukuran 2.200 x 30 meter. Sederet uji coba terbang dan mendarat sudah dilakukan di Bandara IKN untuk melihat keselamatan dan keamanan penerbangan.

Verifikasi bandara dilakukan pada 8-9 September 2024, kemudian kalibrasi dilakukan pada 10 September 2024 oleh Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan, Kementerian Perhubungan. Selain itu tiga pesawat milik TNI Angkatan Udara (AU) juga telah melakukan uji coba di Bandara Nusantara, pada 14, 15, dan 20 September 2024 dengan tiga tipe pesawat yakni Casa 212/A-2104, CN 295/A-2905, dan Hercules C130/A-1338. Uji coba tersebut berjalan lancar dan sukses.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo