TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Persiapan Pelantikan Presiden & Wapres Beres

Laporan: AY
Kamis, 17 Oktober 2024 | 09:31 WIB
Pimpinan MPR saat berkunjung ke kediaman Mantan Wapres Jusuf Kalla untuk menyampaikan undangan. Foto : Ist
Pimpinan MPR saat berkunjung ke kediaman Mantan Wapres Jusuf Kalla untuk menyampaikan undangan. Foto : Ist

JAKARTA - Tiga hari menjelang pelantikan Presiden terpilih dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Gedung MPR mulai bersolek. Sejumlah persiapan terus dilakukan, mulai dari mendekorasi ruangan, hingga menyebar undangan.

Berbagai dekorasi meriah telah disiapkan Sekretariat Jenderal MPR untuk menyambut pelantikan Prabowo-Gibran, Minggu (20/10/2024) pukul 10.00 WIB.

Para pekerja mulai memasang dan menata karpet lantai Ruang Rapat Paripurna I, Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/10/2024). Sejumlah personel TNI ikut melakukan pengecekan di ruang Sidang Paripurna. Mereka bertugas memastikan tidak ada aktivitas atau benda berbahaya di sekitar ruangan, demi terjaganya keamanan selama pelantikan berlangsung.

Ketua MPR, Ahmad Muzani menjelaskan, dekorasi ruangan utama dan ruang lainnya dimulai sejak awal pekan kemarin. Setelah itu, pihaknya bakal menggelar gladi kotor, Jumat (18/10/2024), dan gladi bersih, Sabtu (19/10/2024).

Pimpinan MPR juga sudah menyebar undangan kepada Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. “Alhamdulillah, Pak Jokowi insya Allah berkenan untuk hadir,” jelas Muzani, dalam keterangannya, Rabu (16/10/2024).

Undangan untuk para mantan wakil presiden pun telah disampaikan. Di antaranya adalah Wapres ke-6 Try Sutrisno dan Wapres ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK). Undangan tersebut diantar langsung Muzani bersama jajaran Wakil Ketua MPR: Bambang Wuryanto, Rusdi Kirana, Edhie Baskoro Yudhoyono, Eddy Soeparno, Abcandra Muhammad Akbar Supratman, dan Lestari Moerdijat.

Muzani mengatakan, selain mengantar undangan, kunjungan ke Try Sutrisno dan JK sekaligus dalam rangka memperkenalkan Pimpinan MPR yang baru dilantik pada 3 Oktober lalu. “Kami mengharapkan kehadiran beliau pada acara Sidang MPR yang acaranya tunggal, yakni Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden hasil Pemilihan Umum 2024,” kata Sekjen Partai Gerindra ini.

Mendapat undangan dari MPR, JK memastikan bakal hadir di pelantikan Prabowo-Gibran. “Apabila tidak ada aral melintang, saya akan hadir dalam acara tersebut,” ucap Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) ini.

Untuk undangan ke Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri akan diantar Pimpinan MPR hari ini, Kamis (17/10/2024). Berikutnya, MPR akan menyebar undangan kepada para kontestan Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Para pimpinan partai politik juga bakal diundang untuk menghadiri proses pelantikan Prabowo-Gibran. Selanjutnya, MPR juga mempersiapkan undangan kepada tamu VVIP, termasuk para kepala negara dan kepala pemerintahan negara-negara sahabat.

Untuk memastikan semua berjalan dengan baik, MPR terus bekerja sama dengan lembaga-lembaga terkait seperti Kementerian Luar Negeri (Kemenlu). Dari sisi keamanan, MPR juga bekerja sama dengan pihak keamanan yang sekarang siap siaga menjaga kelancaran prosesi sidang.

Dalam rangka menyambut tamu VVIP, Pemerintah telah memilih Mercedes-Benz S-Class untuk digunakan sebagai kendaraan mereka. Selain itu, ada juga sejumlah mobil listrik yang sudah terparkir rapi di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. Mobil yang ada di GBK semuanya berkelir hitam. Mereknya macam-macam, mulai dari BMW i5, Toyota bZ4x, dan Mercedes-Benz S450. Selanjutnya ada Toyota Camry Hybrid, Fortuner, serta Alphard.

Di dunia maya, netizen juga antusias menyambut pelantikan Prabowo-Gibran. "Minggu mau di rumah saja kayaknya nonton pelantikan Presiden dan Wapres baru,” ujar @Jus10Hendricks.

Akun @WahyuDj99 mengulas mengenai persiapan pelantikan Prabowo-Gibran dan prosesi pisah sambut Jokowi. Menurutnya, acara tersebut memang harus dipersiapkan dengan matang.

“Karena bentuk antisipasi itu sangat perlu untuk menghindari dan menangkal gerombolan pengacau yang ingin menggagalkan suasana,” tulisnya.

Sementara, akun @sanusai24 berharap, Prabowo-Gibran bisa membuat Indonesia lebih maju lagi. “Pelantikan presiden dan wakil presiden sudah di depan mata dan itu akan jadi momen untuk Prabowo-Gibran terus maju sebagai pemimpin dengan visi besar untuk Indonesia,” ujarnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo