TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jokowi Sudah Disiapkan Mobil Toyota Alphard Nopol AD 1 JKW

Laporan: AY
Sabtu, 19 Oktober 2024 | 08:18 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Presiden Jokowi akan langsung pulang ke kampung halamannya di Solo setelah acara pisah sambut di Istana Merdeka, pada 20 Oktober nanti. Meskipun belum diketahui akan naik apa, Istana sudah menyiapkan mobil Toyota Alphard bernomor pelat AD 1 JKW untuk perjalanan tersebut.

Masa jabatan Jokowi sebagai Presiden akan berakhir pada 20 Oktober 2024, dan kepemimpinan­nya akan dilanjutkan oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Menandai pergantian kepemim­pinan ini, biasanya ada acara pisah sambut di Istana.

Acara pisah sambut sebenarnya tidak diatur dalam ketentuan negara. Acara ini semacam tradisi saja. Simbol peralihan kekuasaan. Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menga­walinya pada 2014. Di acara itu, SBY menyambut Jokowi di Istana, diikuti seremoni lalu pernyataan pers bersama. Acara tersebut diakhiri dengan Jokowi mengantar SBY yang kemudian pulang ke kediamannya di Cikeas.

Mensesneg Pratikno sudah memastikan, Jokowi akan melanjutkan tradisi pisah sambut ini. Setelah mengikuti acara ini, Jokowi pernah menyampaikan akan langsung pu­lang ke Solo. Hanya saja belum tahu akan naik apa. Apakah naik pesawat komersial atau naik mobil ke Solo.

Meski begitu, Istana sudah menyiapkan keperluan tersebut. Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana mengatakan, Istana sudah menyiapkan mobil Toyota Alphard untuk kepulangan Jokowi ke Solo.

Sudah kami siapkan," kata Ari di Gedung Kemensetneg, Jakarta, Jumat (18/10/2024).

Mobil Toyota Alphard berwarna hitam itu sudah terparkir di kompleks Kementerian Sekretariat Negara. Ma­sih mulus dan tampak mengkilat. Mo­bil asal pabrikan Jepang itu tergolong MPV premium. Model terbaru yang diluncurkan pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Dalam situs Toyota, mobil tersebut telah menggunakan platform baru, Toyota New Global Architecture (TN­GA), yang memberikan peningkatan dalam performa dan kenyamanan.

Ari menjelaskan, mobil itu untuk akomodasi Jokowi apabila memilih pulang ke Solo lewat jalur darat. Atau digunakan selama proses kepulangan Jokowi semisal lewat jalur udara. "Kalau naik pesawat saat pergi ke bandara kan perlu kendaraan juga ke sana," ungkapnya.

Hanya saja, Ari tak menjelaskan lebih detail mobil yang diberikan untuk Jokowi itu. Apakah hanya digunakan hanya untuk mengantarkan Jokowi pulang atau ada opsi lain. Ari hanya menjelaskan, dalam perjalanan pulang ke Solo, Jokowi akan dikawal oleh Paspamres.

Kata Ari, secara aturan setiap pre­siden dan wapres yang purnatugas akan mendapatkan pengawalan Pas­pampres.

Ditanya kepastian kepulangan Jokowi apakah akan lewat jalur darat atau udara, Ari belum memberikan komentar. Kata dia, Istana pada intinya akan mempersiapkan sejumlah opsi. Nanti tergantung keinginan Jokowi. Apakah memilih pulang dengan jalur darat atau naik pesawat komersial.

Kalau lewat jalur darat, pihaknya akan mempersiapkan kendaraan sekaligus pengawalan hingga ke Solo. Begitu juga jika Jokowi ingin naik pesawat komersial.

"Kita siapkan semua skenario. Ka­lau beliau berkenaan melalui udara, melalui pesawat komersil disiapkan. Tapi kalau beliau akan melalui darat, kami juga akan siapkan," ujar Ari.

Jokowi sudah siap pindah ke Solo. Barang pribadi Jokowi di Istana Ja­karta dan Istana Bogor sudah dipindah ke kediamannya di Solo.

Jokowi juga membawa pulang he­wan peliharaannya di Istana Bogor. "Ada kambing dan kuda juga turut diboyong," ujarnya.

Soal kambing Jokowi ini punya cerita sendiri. Dulu, Jokowi membawa kambing ke Istana 5 ekor. Kini, kambing tersebut sudah beranak pinak dan jumlahnya menjadi 43.

Seperti diketahui, Jokowi sudah mulai pindahan dari Istana Bogor ke rumahnya, di Solo. Proses pindahan itu sudah lama. Pertengahan bulan lalu, Kemendagri menyampaikan kalau Jokowi sudah pindah KTP. Kini, domisili Jokowi resmi kembali ke Solo.

Sebelumnya, Jokowi buka suara soal kabar dirinya akan pulang ke Solo pasca serah terima jabatan ke Prabowo pada 20 Oktober 2024 menggunakan pesawat pribadi. "Nggak tahu. Belum beli tiket," ujar Jokowi singkat sambil sedikit bercanda, ditemui usai meres­mikan jalan tol di Medan, Sumatera Utara, Rabu (16/10/2024).

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo