TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum dan Kriminal

Advertorial

Indeks

Dewan Pers SinPo

Sudah Lapor Presiden, Menpora Dukung PSSI Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Laporan: AY
Rabu, 29 Juni 2022 | 07:55 WIB
Menpora Zainudin Amali (kanan) bersama Ketum PSSI Mochamad Iriawan (kiri). Foto : Istimewa
Menpora Zainudin Amali (kanan) bersama Ketum PSSI Mochamad Iriawan (kiri). Foto : Istimewa

JAKARTA - Menpora Zainudin Amali mendukung upaya PSSI yang akan mengajukan diri jadi tuan rumah Piala Asia 2023. Apalagi momen Piala Asia berdekatan dengan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 pada 2023.


"Ada permohonan dari PSSI untuk jadi tuan rumah Piala Asia. Pemerintah sudah setuju dan mempersilakan jadi tuan rumah.  Hasilnya seperti apa [dilihat nanti], karena Korea [Selatan], Jepang, dan Australia juga mengajukan. Kita mendukung PSSI jika mau jadi tuan rumah," kata Menpora ditemui di Kemenpora, Selasa (28/6).


Menpora meyakini Indonesia bisa menjadi tuan rumah. Sebab penyelenggaraan Piala Asia berdekatan dengan Piala Dunia U-20 . Seluruh stadion berstandar FIFA yang digunakan Piala Dunia lagsung bisa digunakan Piala Asia 2023.

Menpora juga menyatakan Presiden Joko Widodo sudah mengetahui rencana Indonesia untuk jadi tuan rumah. "Saya langsung laporkan Presiden untuk meminta arahan. Kata beliau menyampaikan, silahkan kita mengajukan diri.

Seperti diketaui, Piala Asia 2023 seharusnya digelar di Tiongkok pada 16 Juni- 16 Juli 2023. Namun, Tiongkok memilih mengundurkan diri sehubungan dengan kasus Covid-19 yang meningkat.

Kini, AFC menawarkan semua negara yang masuk dalam asosiasi untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023, termasuk Indonesia. AFC memberikan tenggat waktu hingga akhir Juni 2022 untuk melengkapi persyaratan.

Sebelumnya, Indonesia melalui PSSI masih mengkaji untuk ikut bidding Piala Asia 2023. Sebab, penyelenggaraan Piala Asia 2023 berdekatan dengan berakhirnya Piala Dunia U-20 yang diselenggarakan di Indonesia.


Namun, setelah berkoordinasi dengan pemerintah, PSSI memutuskan untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah. ‘’PSSI mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dalam hal ini Menpora Zainudin Amali  yang telah mendukung rencana ini,” ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

“ Semua persyaratan yang diminta oleh AFC segera kita siapkan dan akan kita kirimkan secepat mungkin,’’ imbuh Iriawan.

Sejauh ini sudah ada 4 negara yang mengajukan diri menjadi tuan rumah, yakni Australia, Jepang, Korea Selatan, dan Qatar. Jepang dan Korea Selatan pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002.


Jepang salah satu negara yang memiliki infrastruktur stadion bagus . Selain itu, Jepang juga punya pengalaman menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002 bersama Korea Selatan. Ada juga turnamen rugby global pada 2019 dan turnamen sepak bola Olimpiade Tokyo 2020 yang digelar tahun lalu.


Demikian juga dengan Korea Selatan dan Australia pun memiliki infrastruktur stadion yang bagus. Apalagi Qatar yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Tak hanya punya stadion yang bagus, mereka juga sangat siap menyambut peserta Piala Dunia. (SB/AYrm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo