TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Nikmatnya Lontong Sayur Padang dengan Gulai Pakis

Oleh: Mg.1
Sabtu, 10 Juni 2023 | 07:30 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

PAMULANG - Lontong sayur Padang, atau ketupat sayur Padang, merupakan menu sarapan favorit banyak orang. Tak hanya di tempat asalnya, hidangan ini juga terkenal di kota-kota besar lainnya.

Bukan tanpa sebab, paduan lontong yang empuk dengan lauk seperti telur balado, rendang, hingga gulai tunjang pun membuat rasa hidangan ini menjadi sebuah perpaduan rasa yang mampu memanjakan perut.

Berbeda dengan lontong sayur di daerah lainnya, lontong sayur Padang memiliki beberapa keistimewaan yang membuatnya berbeda. Lontong sayur Padang dilengkapi dengan kuah santan yang teksturnya cenderung lebih kental dan gurih.

Untuk sayurnya, lontong sayur Padang biasanya memakai gula nangka, campuran kacang panjang, kol, dan juga buncis.

Namun di beberapa tempat, gulai pakis juga dapat ditambahkan pada lontong sayur Padang. Biasanya, jenis gulai ini dapat ditemukan di daerah Pariaman.

Menyantap lontong sayur Padang akan menjadi tak lengkap apabila tidak disertai pilihan lauk yang menarik. Biasanya, lontong sayur Padang akan dilengkapi dengan telur balado, gorengan, rendang, gulai ayam, hingga gulai tunjang.

Selain itu, terdapat lauk unik yakni mie goreng Padang, di mana mie ini terbuat dari mie kuning yang telah diberi bumbu cabe giling.

Tak terlupa, kerupuk merah jambu yang terbuat dari tepung tapioka juga dapat menjadi pelengkap lontong sayur Padang. Teksturnya yang renyah, garing, dan tipis dibanding kerupuk lainnya, menambah kenikmatan cita rasa lontong sayur Padang.

Biasa ketupat sayur Padang ini disantap pada pagi hari sebagai salah satu menu pilihan.

Selamat mencoba. 

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo