TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Bangga Pemuda Papua Makin Berkembang

Jokowi Puji Inovasi UMKM Binaan BIN

Laporan: AY
Sabtu, 08 Juli 2023 | 08:17 WIB
Foto : Setpres
Foto : Setpres

JAYAPURA - Presiden Jokowi puas melihat produk-produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Badan Intelijen Negara (BIN). Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta ini, perkembangannya pesat.

UMKM binaan BIN itu ter­gabung dalam Papua Youth Creative Hub (PYCH). Presiden menyaksikan produk mereka saat menghadiri pameran ratu­san produk UMKM, di Papua Street Carnival di Kota Jayapura, Papua, kemarin. Acara ini digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berkolaborasi dengan PYCH.

Jokowi menilai, potensi indus­tri dan ekonomi kreatif di Tanah Papua sangat besar, termasuk dari sisi material. Presiden mengaku melihat perkembangan cepat PYCH sejak diresmikan­nya pada Maret 2023.

Misalnya, kemajuan di bi­dang fashion design. Menurut Jokowi, desain-desain fesyen sangat baik dan sudah dikemas dengan brand yang menarik. Begitupun produk unggulan, kopi dan ikan.

Jokowi juga mengapresiasi latihan pemuda Papua dalam memproduksi handphone dan laptop. Hal ini sebuah terobosan yang luar biasa.

“Kini, industri kreatif di Papua sudah bisa dilihat semua. Betul-betul lompatannya kelihatan sekali,” katanya.

Kepala Negara berharap, Pe­merintah Provinsi, Kota dan Kabupaten bisa cepat mengam­bil alih industri kreatif tersebut. Diharapkannya, pariwisata dan ekonomi kreatif di Papua se­makin berkembang dan mem­berikan dampak positif bagi masyarakat Papua.

Papua Street Carnival mengusung tema The East Great Spirit. Hadir dalam acara ini Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno, Kepala BIN Budi Gunawan, Plh Gubernur Papua M Ridwan Ru­masukun, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Sekre­taris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordi­nasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Sandiaga mengatakan, Papua Street Carnival merupakan page­laran ekonomi kreatif pertama di tanah Papua.

“Kegiatan ini menjadi catatan sejarah positif bagi pembangunan pariwisata dan ekonomi kreatif Papua,” ungkapnya.

Dia menuturkan, Papua Street Carnival memungkinkan potensi ekonomi kreatif di Papua bisa disaksikan banyak orang.

Papua Street Carnival 2023 menjadi wadah bagi anak-anak muda Papua untuk mengem­bangkan diri dan meningkat­kan kesejahteraan masyarakat Papua.

Dengan suksesnya Papua Street Carnival ini, diharapkan Sandiaga, pariwisata dan ekono­mi kreatif di Papua semakin berkembang. Dan mengangkat citra Papua sebagai destinasi pariwisata unggulan di tingkat internasional.

Papua Street Carnival meli­batkan ribuan pelaku ekonomi kreatif, ribuan pengisi acara, ratusan parade busana. Ratusan pameran diikuti lebih dari 3.000 pelaku UMKM kreatif.

Kepala BIN Budi Gunawan mengatakan, PYCH harus men­jadi simbol pembangunan di Bumi Cendrawasih. Dan men­jadi pelestari bahasa semua suku di Papua, pengembang teknologi dan menjadi agen perubahan.

Saat ini, PYCH tengah mengembangkan Papua Pacific Park, sehingga seluruh peralatan dan karya anak-anak muda Papua telah didaftarkan dalam hak cipta pada Kementerian Hukum dan HAM. Pendirian PYCH bertujuan untuk pemberdayaan talenta muda Papua serta men­jadi penggerak ekonomi.

Skuad Inggris. Foto : Ist
Pos Sebelumnya:
Final Euro U-21
Pos Berikutnya:
Masuk DPT Pemilu 2024
Foto : Ist
Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo