TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Beragam Manfaat Buah Rambutan, Salah Satunya Mencegah Kanker

Oleh: Mg.1
Minggu, 16 Juli 2023 | 11:01 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Tanaman yang masih berkerabat dengan leci dan lengkeng ini, ternyata menyimpan banyak manfaat. Salah satunya, dengan mengonsumsi buah rambutan dapat mencegah penyakit kanker. 

Tanaman yang tumbuh subur di iklim tropis seperti Indonesia ini, memiliki daging buah berwarna putih bening, biji di tengahnya, dan memiliki rasa yang manis. 

Dikutip dari Conserve Energy Future, berikut manfaat buah rambutan:

1. Menurunkan Tekanan Darah

Buah rambutan dapat melengkapi kebutuhan nutrisi dalam tubuh, dan juga dapat menurunkan risiko penyakit yang tidak menular. Salah satu penyakitnya, yakni hipertensi yang dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya penyakit stroke. 

2. Mengatasi Bibir Kering dan Sariawan

Rambutan mengandung vitamin C yang bisa membantu tubuh mencegah beragam gangguan seperti sakit tenggorokan, sariawan, dan juga bibir kering. Gangguan dan penyakit tersebut dapat mengganggu apabila dibiarkan. 

3. Mencegah Anemia

Dengan mengonsumsi rambutan, yang dibarengi dengan asupan bergizi lain serta penerapan gaya hidup sehat, dapat mencegah terjadinya penyakit anemia. Hal ini disebabkan lantaran kandungan gizi pada buah tersebut. 

4. Merawat Kulit

Kandungan protein dan mineral penting pada buah rambutan, dapat membantu menjaga kesehatan dan kelembapan pada kulit tubuh kita. 

5. Mencegah Sembelit

Sembelit disebabkan karena kurangnya serat yang masuk ke dalam tubuh kita dalam sehari. Salah satu makanan dengan kandungan serat tinggi adalah sayur dan buah, tak terkecuali rambutan. Rutin konsumsi sayur dan buah menurunkan risiko sembelit.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A pada rambutan, dapat membantu menjaga fungsi dan kesehatan mata. Konsumsilah buah rambutan secara teratur, dan terapkan gaya hidup yang sehat. 

7. Mencegah Kanker

Mengonsumsi buah rambutan secara rutin, dipercaya dapat mencegah kanker. Sebab, buah ini mengandung banyak antioksidan yang membantu menghilangkan radikal bebas dari dalam tubuh.

8. Menjaga Kesehatan Ginjal

Rambutan membantu membersihkan ginjal melalui proses detoksifikasi. Diketahui, ginjal merupakan organ vital yang bertugas menyaring darah dalam tubuh. 

9. Mengurangi Kolesterol

Konsumsi gorengan dan camilan lain berisiko meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Alih-alih konsumsi camilan yang membahayakan tubuh, lebih baik makan rambutan dengan kelengkapan nutrisi untuk tubuh.

10. Menjaga Kekebalan Tubuh

Vitamin C yang terkandung dalam rambutan bertindak sebagai antioksidan alami. Bersama dengan antioksidan lain seperti flavonoid, kemampuan tubuh untuk melawan penyakit juga ikut meningkat.

11. Menjaga Kesehatan Rambut

Kandungan zat besi dan protein pada rambutan, dapat memperbaiki kesehatan dan pertumbuhan rambut. Tak hanya dengan mengonsumsi rambutan, anda juga bisa menjaga kebersihan dan menjalani perawatan rambut lainnya. 

12. Perawatan Ibu Hamil

Untuk menjaga kesehatan ibu hamil, diperlukan nutrisi yang cukup. Biasanya, ibu hamil akan mengalami penurunan nafsu makan. Hal ini bisa diantiaipasi dengan memakan buah dan sayur, seperti rambutan.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo