TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Menghirup Aroma Kopi Ternyata Bermanfaat, Simak Penjelasannya

Oleh: Mg.1
Minggu, 16 Juli 2023 | 12:54 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Kopi dikenal sebagai minuman dengan aromanya yang kuat dan harum. Bahkan sebelum diseduh, aromanya saja sudah memiliki ciri khas. 

Selain baik untuk dikonsumsi, ternyata menghirup aroma kopinya saja sudah dapat memberikan manfaat yang tentunya baik untuk kesehatan. 

Berdasarkan studi yang studi yang dilakukan pada 2019, ditemukan bahwa dengan menghirup aroma biji kopi dapat meningkatkan daya ingat dan fokus seseorang. 

"Tak hanya dari kopi, tapi aromanya juga membantu orang bekerja lebih baik dalam tugas analitik," kata Adriana Madzharov dari Stevens Institute of Technology di Amerika Serikat. 

Pada penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Environmental Psychology, melibatkan 100 mahasiswa bisnis sarjana yang diberikan 10 pertanyaan tes aljabar GMAT. Para peserta kemudian dibagi menjadi dua kelompok. 

Kelompok pertama mengerjakan tes di dalam ruangan dengan aroma kopi, sementara kelompok kedua mengerjakan tes di dalam ruangan tanpa aroma tersebut. Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa kelompok pertama mendapatkan skor yang lebih tinggi pada tes tersebut. 

Berdasarkan penelitian tersebut, menghirup aroma kopi dapat meningkatkan kewaspadaan di otak. Hasil studi yang dilakukan ini juga dapat berguna untuk mereka yang ingin mendesain ruang publik atau seorang pemimpin. 

“Penciuman adalah salah satu indera yang paling kuat. Para pemimpin perusahaan, arsitek, maupun manajer ritel, dapat menggunakan aroma kopi untuk meningkatkan kinerja karyawannya,” kata Madzharov.

Selain baik untuk kesehatan jika dihirup, kopi juga baik untuk dikonsumsi. Meski begitu, harus memperhatikan batas aman mengonsumsi kopi. 

Jika diminum, empat hingga lima cangkir kopi per hari sudah cukup. Namun, setiap orang memiliki tingkat toleranai yang berbeda terhadap kafein.

Pos Berikutnya:
Seleksi Timnas U 17
Ketum PSSI saat memantau seleksi pemain U-17 di Bali. Foto : Ist
Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo