TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Resmikan Gudang Ekspor

Shopee Muluskan UMKM Tembus Ke Pasar Global

Laporan: AY
Minggu, 03 September 2023 | 12:15 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Shopee Indonesia membantu produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menembus pasar global. Dengan demikian, usaha wong cilik bisa menyumbang ekspor nasional.

Peneliti ekonomi digital dari Institute for Development of Economic and Finance (Indef) Nailul Huda mengatakan, hingga awal 2022, UMKM Tanah Air baru menyumbang 15 persen dari total ekspor nasional.

Menurut Nailul, platform digi­tal seperti e-commerce bisa men­jadi katalisator yang cukup baik bagi kinerja ekspor UMKM.

“Harus diakui, kemajuan digitalisasi menjadi solusi bagi UMKM menembus perdagangan antar-negara,” ucap Nailul ke­pada Rakyat Merdeka (Tangsel Pos Grup) kemarin.

Ditegaskan Nailul, gencarnya perkembangan platform digital e-commerce di Indonesia telah membantu UMKM memanfaat­kan teknologi sebagai sarana berdagang, promosi, hingga ber­transaksi secara mudah.

Penggunaan e-commerce juga mampu memotong rantai distribusi, sehingga dapat memberikan harga produk yang lebih terjangkau.

“Tantangan terbesar saat ini ada pada skala produksi dan harga. Banyak pesanan, tapi dari segi produksi tidak dapat memenuhi, relatif lebih mahal jadinya,” ucapnya.

Ditambah lagi minimnya upaya pendampingan untuk mendukung ekspor UMKM, menjadi tantangan tersendiri bagi Pemerintah.

Untuk itu, sambung Nailul, diperlukan kolaborasi dari ber­bagai pihak untuk meningkatkan ekspor UMKM dan membangun ekosistem yang kondusif demi mampu mendorong kemampuan UMKM untuk go global.

itu, lanjut Nailul, agar pertumbuhan ekspor UMKM juga sehat, perlu dilakukan pengawasan terhadap e-commerce. Salah satu­nya, pemenuhan Tingkat Kom­ponen Dalam Negeri (TKDN) di Indonesia, agar dapat menjaga dan melindungi industri dalam negeri.

Perlindungan industri dalam negeri harus terus dilakukan Pemerintah. Perlindungannya bukan hanya bagi UMKM, tapi juga masyarakat sebagai kon­sumennya,” imbaunya.

Terkait ekspor, Director and Country Head Sea Group Indo­nesia Kiky Hapsari mengklaim, saat ini terdapat 20 juta produk UMKM telah tergabung dalam program ekspor Shopee.

Pihaknya meyakini, jumlah tersebut akan terus bertambah seiring dengan semakin besar pula minat barang UMKM di pasar global.

“Sarana ini merupakan infra­struktur penunjang dari program ekspor yang sudah dijalankan Shopee,” jelas Kiky saat meresmikan Gudang Ekspor Shopee di Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (30/8).

Menurutnya, Program Ekspor Shopee memberikan kemudahan bagi UMKM lokal melakukan ekspor. Karena, setelah mendapat­kan pesanan dari pembeli di negara lain, pelaku UMKM hanya perlu mengirimkan produk me­reka ke Gudang Ekspor Shopee.

“Perlindungan industri dalam negeri harus terus dilakukan Pemerintah. Perlindungannya bukan hanya bagi UMKM, tapi juga masyarakat sebagai kon­sumennya,” imbaunya.

Terkait ekspor, Director and Country Head Sea Group Indo­nesia Kiky Hapsari mengklaim, saat ini terdapat 20 juta produk UMKM telah tergabung dalam program ekspor Shopee.

Pihaknya meyakini, jumlah tersebut akan terus bertambah seiring dengan semakin besar pula minat barang UMKM di pasar global.

“Sarana ini merupakan infra­struktur penunjang dari program ekspor yang sudah dijalankan Shopee,” jelas Kiky saat meresmikan Gudang Ekspor Shopee di Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (30/8).

Menurutnya, Program Ekspor Shopee memberikan kemudahan bagi UMKM lokal melakukan ekspor. Karena, setelah mendapat­kan pesanan dari pembeli di negara lain, pelaku UMKM hanya perlu mengirimkan produk me­reka ke Gudang Ekspor Shopee.

“Lalu diproses dan pengiri­man produk akan dilakukan oleh Shopee ke negara tujuan ekspor,” jelas Kiky.

Proses yang dilakukan dalam Gudang Ekspor Shopee meliputi Area Penerimaan Barang untuk Diekspor (Export Inbound Line, In­bound Area, X-Ray Area dan Label Area), Area Pengumpulan (Sorting Area, Bagging Area dan Staging Area Export) dan Area Pengiriman Barang untuk Diekspor (Export Outbound Line).

“Program ini untuk memper­siapkan UMKM lokal berdaya saing global. Dan peresmian gudang ekspor Shopee meleng­kapi program dan komitmen Shopee,” jelasnya.

Kiky merinci, beberapa pro­gram ekspor yang digencar­kan oleh Shopee, di antaranya kolaborasi penguatan UMKM ekspor. Shopee mengundang pi­hak lain untuk turut memanfaat­kan fasilitas Kampus UMKM Shopee, dan Kampus UMKM Shopee Ekspor di 10 Kota.

Tujuannya, agar pihak-pihak yang memiliki program pen­guatan untuk UMKM juga bisa memanfaatkan fasilitas ini.

“Pihak tersebut dapat meng­hubungi Kampus UMKM di ma­sing-masing kota untuk pendaftar­an dan informasi lebih lanjut,” katanya.

Kemudian, Program Bimbel Shopee Ekspor, yang merupakan program baru berupa pendam­pingan intensif lanjutan bagi UMKM terpilih yang telah mengikuti pelatihan di Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor.

“UMKM akan diberikan pen­dampingan secara online untuk mempersiapkan toko mereka, agar bisa mengikuti Program Ekspor Shopee dengan lebih mudah,” ucap Kiky.

Selanjutnya, pendaftaran Pro­gram Ekspor Shopee & Kampus UMKM Shopee Melalui Kanal Shopee Pilih Lokal, yang telah hadir di laman muka aplikasi Shopee pada tahun 2022 lalu.

Dan kini juga dapat diman­faatkan untuk mendaftarkan diri mengikuti pelatihan di Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor, serta Program Ekspor Shopee.

“Shopee berusaha menghadir­kan solusi lengkap dari hulu hingga hilir, untuk menciptakan UMKM lokal berdaya saing global,” tegasnya.

kesempatan yang sama, turut hadir meresmikan gudang ekspor Shopee, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas). Dia mengatakan, melalui platform e-commerce, penjual dapat ter­hubung langsung kepada pembeli.

“Shopee membantu UMKM agar punya akses pasar, tidak hanya kepada pembeli dari Jawa Barat, Solo dan Jakarta, tapi sampai ke Malaysia atau Thailand,” ucapnya.

Karena itu, pihaknya berjanji akan menata aturan ekonomi digital agar e-commerce terus berkembang. Demi bisa mendu­kung UMKM bisa ekspor.

“Kalau gudangnya tambah be­sar, untungnya tambah banyak, pegawainya juga banyak, artinya kita sama-sama berhasil. Maka perlu kerja sama,” tutur Zulhas.

Zulhas menekankan, pangsa pasar ekspor ke ASEAN (Asso­ciation Southeast Asia Nations) sedang meningkat. Peminatnya tembus 600 juta orang. Karena itu, Indonesia fokus untuk mening­katkan perdagangan ekspor di ka­wasan Asia Tenggara.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo