TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Hasto Puja Puji Tokoh Lewat Pantun

Banteng Cairkan Suasana

Laporan: AY
Jumat, 15 September 2023 | 11:40 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto melem­par pantun untuk sosok yang jadi bakal Calon Wakil Presiden (Cawapres) dari Ganjar Pranowo. Selain Menko Polhukam Mahfud MD, Hasto juga merangkai pantun untuk Menparekraf Sandiaga Uno.

Mendengar nama kadernya disebut, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menilai, Hasto tengah mencairkan situasi politik dan menempatkan semua bakal Cawapres Ganjar setara..

"Itu Pak Hasto sekaligus meng-endorse tokoh-tokoh le­wat jokes-jokes politik. Artinya Pak Mahfud, Pak Sandiaga Uno, posisinya sama-sama tinggi (se­bagai bacawapres)," kata Ketua DPP PPP, Achmad Baidowi dalam pesannya kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Pria yang akrab disapa Awiek ini memastikan, belum ada keputusan resmi sosok bakal Cawapres Ganjar. Selama belum ada keputusan resmi, nama-nama yang terlontar dalam berbagai forum, sifatnya hanya usu­lan endorse. Juga sebagai sarana mencairkan kebekuan suasana.

"Supaya politik segar, tidak dipenuhi ketegangan. Soal Cawapres, pasti akan dibicarakan dalam koalisi dan disampaikan ke publik pada waktu yang tepat," kata Awiek.

Sementara pengamat Komunikasi dan Politik Universitas Airlangga Surabaya, Suko Widodo menilai, Mahfud dapat mendongkrak elektoral Ganjar di Pilpres 2024. Pertama, Mahfud akan jadi daya tarik bagi kaum milenial yang rasional.

"Yang melek digital dan me­miliki akses untuk mencari track record, isu yang berkaitan dengan sosok yang akan mereka pilih," kata Suko kepada Rakyat Merdeka (Tangsel Pos Grup), kemarin.

Menurutnya, Mahfud memiliki magnet kuat bagi pemilih mendatang yang menginginkanpenegakan hukum dan pemberantasan korupsi. Meski usianya tidak milenial, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini bisa masuk ke segmentasi ini tanpa khawatir dan tanpa pole­san. Karena isu yang melekat di sosok Mahfud jadi isu penting anak muda rasional.

Mantan anggota Komisi III DPR ini juga menjembatani Ganjar dengan para pemilih dari kalangan nahdliyin, sebutan bagi warga Nahdlatul Ulama (NU). Mahfud bisa membuka jalan bagi Ganjar untuk silaturahmi dengan ulama dan kiai-kiai khos Jawa Timur. "Popularitas dan elektabilitasnya skalanya nasional bukan hanya di Madura dan Jawa Timur semata," tambah Suko.

Sedangkan Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yudha menilai, Mahfud, Ridwan Kamil, maupun Sandiaga, berpo­tensi besar mendampingi Ganjar. Namun, dia yakin, Ganjar be­lum akan mengumumkan bakal Cawapresnya dalam waktu dekat.

"Ganjar dan Prabowo masih saling intip. Masing-masing akan melihat faktor kualitatif dan kuantitatif untuk memenuhi basis NU ataupun basis kewilayahan geografis," ujar Hanta.

Sebelumnya, Hasto melempar kode Cawapres kepada Mahfudlewat pantun, saat sambutan di Forum Diskusi Pemilu Keberagaman Menjadi Kekuatan Mewujudkan Pemilu Bermartabat, Bandung, Rabu (13/9). "Siapa yang tidak tahu Profesor Mahfud MD. Salah satu bakal Cawapres yang lurus tegak dan suka we­dang ronde. Pemikirannya luas hingga beberapa dekade. Di tangannya rakyat semakin pede," ujar Hasto.

Usai acara, Hasto menyebut,pantun untuk Mahfud merupakan cerminan kebatinan dalam acara tersebut. Dia juga bikinpantun Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PPP, Sandiaga Uno. "Sandiaga Uno sosok rendah hati, di tangannya Indonesia maju berlari. Seluruh bacawapres Ganjar Pranowo memang menarik sekali, menangkan pemilu dengan cara Berdikari," ucapnya.

Kata Hasto, Cawapres Ganjar masih digodok para ketua umum partai politik pendukung. Pemilihan Cawapres, lanjutnya, sangat vital. Sebab, gerbong pendukung Ganjar menargetkan kemenangan Pilpres 2024 satu putaran.

"Ada Pak Ridwan Kamil, Pak Mahfud MD, Sandiaga Uno, TuanGuru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi, dan Pak Andika Perkasa. Pemilihan harus cermat karena target menang satu putaran," tegas politis asal Yogyakarta ini.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo