TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Capres Anies Sowan ke Pesantren Cibogo Cirebon, Minta Doa Para Kiai

Oleh: Farhan
Minggu, 10 Desember 2023 | 15:08 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

CIREBON - Calon Presiden nomor urut 1, Anies Baswedan melanjutkan kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 di Kuningan, Cirebon dan Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (9/12/2023). Sowan ke Pondok Pesantren Cibogo, di Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon. Anies minta doa kepada para kiai dan masayikh, agar perjuangannya dimudahkan.

Mantan Gubernur DKI sudah siap menghadapi debat Capres perdana pada 12 Desember mendatang. Bahkan, dia tak sungkan akan menyinggung politik dinasti. “Tadi didoakan sama-sama dan pulang bawa pulang doanya. Semoga per­juangan kita mudah,” kata Anies disambut teriakan santri dan masyarakat yang hadir dengan teriakan Amin.

Menurut Anies, Cirebon ada­lah wilayah istimewa. Kota Udang ini menjadi salah satu simpul paling lama dalam pe­nyebaran Islam di Nusantara. Buktinya, pondok dan masjid tua banyak sekali.

Apalagi, pondok pesantren Ci­bogo juga dia nilai unik. Semua acara dan kegiatan berlangsung tanpa sound system. “Ini tra­disi yang dijaga bertahun-tahun. Kami senang sekali bertemui banyak kiai,” sambungnya.

Menghadapi debat Pilpres perdana, Anies mengaku mem­persiapkan titik tekan seperti tema yang disodorkan KPU, yakni tentang penegakan hu­kum, demokrasi, dan HAM. Ini sesuai tema KPU. “Kalau anda punya usulan? Apakah, soal dinasti. Nanti kami akan catat dan tanyakan itu ke Capres-Cawapres,” tandasnya.

Dalam kesempatan ini, Anies juga mengimbau kepada se­luruh simpatisan dan relawan pendukungnya, jangan pernah melakukan perusakan baliho dan spanduk calon lain. “Jangan per­nah sekalipun membalas. Kalau tahu siapa pelakunya, laporkan kepada aparat,” pesannya.

Dikatakan, dalam perjuangan mengubah nasib rakyat Indone­sia, Anies-Muhaimin siap meng­hadapi tantangan yang amat berat. Menurutnya, tekanan kepada AMIN, kalah berat dari tekanan ekonomi, susah men­cari pekerjaan, dan persoalan kesejahteraan jutaan keluarga Indonesia dan anak muda.

Perusakan, tegas Anies, mem­buat AMIN semakin yakin bah­wa mereka berada di jalan yang benar. Namun demikian, Anies tetap mengajak seluruh pihak berkompetisi yang beradab.

Dalam kesempatan itu, salah satu kiai mendoakan langsung di samping Anies. “Insya Allah Pak Anies menang telak. Kami sepakat Pak Anies RI1. Mudah-mudahan amanah. Allahu ak­bar,” pekiknya, disambut santri dan masyarakat yang hadir.

Masih di Cirebon, Anies melanjutkan orasi kampanye menggunakan kereta Singa Barong di Alun-alun Sangkala Buana, Lemahwungkuk, Cire­bon. Anies juga akan menyapa masyarakat Tionghoa di Vihara Dewi Elas Asih dan akan berse­lawat di Ponpes Daarul Maarif Indramayu, Jawa Barat.

Anies juga menyempatkan diri blusukan ke Pasar Kepuh, Kuningan, Jawa Barat. Bersama istri Fery Farhati, Anies nostal­gia semasa tinggal di Kuningan. “Kita pulang kampung tidur di rumah di Kuningan. Terus pagi-pagi jalan ke Pasar Kepuh cari jajanan,” ucap Anies

Anies pun mendengarkan curhat pembeli maupun peda­gang di Pasar Kepuh yang mengeluh harga barang dan bahan pokok yang semakin mahal. Anies berjanji akan memperbaiki kondisi ini dengan program Pasar AMIN.

Pasar AMIN ini singkatan dari Alhamdulillah laris dagangannya, Modalnya gampang, Irit biayanya, dan Nyaman tokonya. “Intinya tata niaganya diperbaiki supaya harganya lebih terjangkau,” tandasnya.

Selain itu, Anies juga sem­pat napak tilas Eyang Hasan Maolani, tokoh sufi penasihat pahlawan nasional Imam Bon­jol. Lokasinya di Garawangi, Kuningan, Jawa Barat itu di­sertai dengan pertemuan para tokoh, simpatisan, dan koalisi partai pengusung.

Setelah itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini bertolak ke GOR Ewangga Kuningan untuk menghadiri orasi acara Pemuda Kuningan. Anies juga menyempatkan diri mengunjungi aktivis lingkungan dan budayawan Sunda di kediaman aktivis Maman Akar.

Komentar:
Berita Terkini
Pelatih STY Fokus Recovery Fisik Witan Cs
Olahraga
15 menit yang lalu
Anggaran Pilkada Tangsel Tembus Rp 47 Miliar
TangselCity
30 menit yang lalu
Dewan Desak Pemkot Konsultasi Ke Kementerian
TangselCity
1 jam yang lalu
Penyaluran Bansos PKH Di Tangsel Capai 93%
TangselCity
1 jam yang lalu
Piala Asia U-23
Olahraga
2 jam yang lalu
Piala Asia U-23
Olahraga
8 jam yang lalu
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo