TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Nah Lho...Surat Suara Di Taiwan Koh Sudah Bolong

Laporan: AY
Minggu, 21 Januari 2024 | 07:25 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Beredar video viral di media sosial (medsos) surat suara via pos telah tercoblos alias sudah bolong di Taiwan pada Jumat (19/1/2024). Lubangnya ada pada gambar capres-cawapres nomor urut 3 dan caleg dari PDIP.
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari mengatakan, pihaknya saat ini sedang melakukan klarifikasi ke­pada Panitia Penyelenggara Luar Negeri (PPLN) dan Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Luar Negeri.

“Nanti hasilnya akan dilaporkan oleh PPLN dan Panwaslu. Dan hasilnya akan kami rilis kepada media setelah proses pe­nelusuran selesai,” kata Hasyim di kantor KPU, Jakarta, Sabtu (20/1/2024).

Hasyim menegaskan, penelusuran akan langsung dilakukan ke pemilih terkait, sehingga, KPU belum bisa memastikan kebenaran dugaan bahwa surat suara sudah tercoblos lebih dulu atau tidak.

“Apabila surat suara tercoblos saat masih berada dalam amplop, KPU akan mengkategorikannya sebagai surat suara rusak. Surat suara tersebut akan segera diganti dengan yang baru,” jelas Hasyim.
Dia menjelaskan, metode pencoblosan untuk pemilu luar negeri melibatkan pengiri­man amplop dari PPLN yang berisi surat suara kepada para pemilih. Setelah pemilih mencoblos, surat suara tersebut akan dikirim kembali oleh pemilih ke alamat yang telah ditentukan oleh KPU pada amplop.

Tapi jika memang benar bahwa surat suara sudah tercoblos, itu metode pos,” jelas Hasyim

Bagaimana tanggapan Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud? Deputi Kanal Media TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Karaniya Dharmasaputra memastikan hal tersebut bukan dilakukan oleh pihak Ganjar-Mahfud. “Kami pertegas, kami su­dah mengecek, tidak ada satu pun dari pihak Ganjar-Mahfud lakukan pencoblosan,” kata Karaniya di Jakarta, Jumat (19/1/2024).

Karaniya lantas menyinggung surat su­ara yang sebelumnya ditemukan beredar lebih dulu di Taipei, Taiwan. Menurutnya, saat itu TPN Ganjar-Mahfud yang paling aktif menyuarakan hal tersebut.
“Jangan lupa, kamilah yang memper­soalkan kejanggalan surat suara yang tiba-tiba beredar di Taiwan,” ujarnya.

Dia pun curiga ada pihak yang berusaha menjatuhkan Ganjar-Mahfud dengan su­rat suara tercoblos 03 di Taiwan. “Silakan teman-teman menyimpulkan apa yang sebetulmya terjadi,” kata dia.

Sebagai informasi, dalam video viral pada Jumat (19/1/2024), disebutkan bahwa peristiwa surat suara yang diklaim telah tercoblos itu terjadi di Taiwan.

Surat suara dikirim via pos. Lalu, dalam satu amplop, terdapat sepasang surat suara, yaitu surat suara pemilihan presiden (pil­pres) dan surat suara pileg daerah pemilihan (dapil) Jakarta II yang meliputi Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan luar negeri.
Orang dalam video itu menunjukkan adanya lubang di kolom surat suara pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 3, Ganjar. Pranowo dan Mahfud MD.

Kemudian, diperlihatkan juga lubang coblosan di kolom surat suara PDIP pada baris calon anggota legislatif (caleg) Once Mekel.

Komentar:
Eka Hospital
Perkim
Bapenda
ePaper Edisi 20 Mei 2024
Berita Populer
03
05
Pesawat Latih Jatuh di BSD Memakan 3 Korban Jiwa

TangselCity | 18 jam yang lalu

08
Jelasin Kenapa Uang Kuliah Mahasiswa Mahal

Nasional | 2 hari yang lalu

GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo