TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Relawan Tangsel Bersih-bersih, Sisir Sampah di Sepanjang Aliran Kali Angke

Laporan: Rachman Deniansyah
Kamis, 25 Juli 2024 | 20:32 WIB
Foto : Dok. Forum Potensi Tangerang Selatan
Foto : Dok. Forum Potensi Tangerang Selatan

PAMULANG, Forum Potensi Tangerang Selatan bersama Polisi Udara menggelar kegiatan rutin berupa bersih-bersih di sepanjang aliran kali Angke. Kegiatan ini merupakan perhelatan ke-3 yang diikuti oleh lebih dari 400 relawan se-Jabodetabek.

Kegiatan ini diawali dengan Apel Gelar Pasukan yang dilaksanakan di Lapangan Kantor Pemerintahan Kota Tangerang Selatan yang dipimpin oleh Wali Kota, Benyamin Davnie.

Koordinator Forum Potensi Tangerang Selatan, Dudi Iskandar mengatakan, kegiatan ini dilakukan demi meningkatkan pemahaman masyarakat ihwal pentingnya menjaga lingkungan dan memperlakukan sungai dengan baik.

"Serta membantu mengurangi jumlah sampah dan limbah yang masuk ke Sungai Angke, meningkatkan kualitas air dan kehidupan lingkungan Sungai Angke," jelas Dudi, dikutip Kamis (25/7/2024).

Selain itu, kegiatan ini juga menjadi upaya sekaligus wadah silaturahmi para relawan lintas lembaga khususnya yang ada di wilayah Tangsel.

"Kegiatan bersih-bersih Sungai Angke ini tidak hanya mengandung nilai estetika dan kebersihan lingkungan, tetapi juga memberikan manfaat nyata dalam mitigasi bahaya banjir. Dengan membersihkan sungai dari sampah dan material lain yang menghambat aliran air, resiko banjir dapat diminimalkan secara signifikan. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan sungai dan lingkungan sekitar," ungkapnya.

Ia memaparkan, peserta tergabung dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk pelajar, aktivis lingkungan, dan komunitas lokal.

"Kegiatan seperti ini akan terus kita lakukan tiap tahun. Jadi selain kegiatan bersih-bersih saja, kegiatan ini juga menjadi ajang wadah silaturahmi relawan-relawan kemanusiaan. Khususnya dari wilayah Kota Tangerang Selatan," tuturnya.

Melalui kegiatan ini, gotong royong dan semangat saling membantu tercerminkan demi terwujudnya kebersihan aliran sungai, sekaligus sebagai langkah pencegahan bencana banjir.

"Kegiatan bersih-versih Sungai Angke ini mencerminkan semangat kolaborasi antar lini elemen masyarakat dalam menjaga lingkungan yang lebih bersih, indah dan aman dari bencana alam," pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo