TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pilkada Jateng, Gibran Dampingi Luthfi-Taj Yasin Daftar Ke KPU

Laporan: AY
Kamis, 29 Agustus 2024 | 08:59 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SEMARANG - Pendaftaran Ahmad Luthfi sebagai Calon Gubernur Jawa Tengah (Jateng) ke KPU Jateng terasa spesial. Sebab, jagoan Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus ini, datang dengan dikawal Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka. Sementara, Andika Perkasa, yang mendaftar lebih dulu, datang ke KPU dengan menggandeng istri.

Di Pilkada Jateng, Luthfi berpasangan dengan Taj Yasin Maimoen. Keduanya mendaftar ke KPU Jateng, di Jalan Veteran, Semarang, Rabu (28/8/2024) pagi. Mereka berangkat dari Rumah Pemenangan di Jalan DI Panjaitan (Kampung Kali), dengan menaiki mobil jeep beratap terbuka yang berhiaskan bunga dan janur kuning. Luthfi mengenakan kemeja putih dan celana krem, sedangkan Taj Yasin mengenakan sarung motif batik dan berpeci hitam.

Menariknya, Gibran ikut mengawal Luthfi-Taj Yasin dan berada di dalam mobil yang sama. Putra sulung Presiden Jokowi itu, mengenakan kemeja biru langit seperti seragam kampanyenya saat Pilpres 2024.

Di mobil, Gibran duduk di kursi depan, sedangkan Luthfi-Taj Yasin di kursi belakang. Sepanjang jalan, mereka sesekali menyalami warga, simpatisan, dan para pendukung yang ikut mengantar.

Iring-iringan rombongan ini diawali pasukan drum band di barisan depan, disusul puluhan muda-mudi dengan seragam adat daerah. Atraksi barongsai juga dilibatkan untuk memeriahkan pendaftaran. Alunan musik marawis juga terus terdengar selama rombongan berjalan.

Sekitar pukul 08.37 WIB, Luthfi-Taj Yasin tiba di Kantor KPU Jateng. Mereka diterima langsung jajaran penyelenggara Pemilu. Gibran terlihat berjalan di belakang Luthfi-Taj Yasin ketika memasuki halaman KPU Jateng. 

Luthfi-Taj Yasin diusung sembilan partai yang tergabung dalam KIM Plus yakni Partai Gerindra, Partai Golkar, PKS, PKB, Partai NasDem, PAN, PPP, Partai Demokrat, PSI, Partai Buruh, Partai Bulan Bintang, dan Partai Garuda. Setelah resmi terdaftar sebagai kandidat Cagub Jateng, Luthfi menyampaikan terima kasih kepada partai pengusung yang telah mendukungnya.

“Maturnuwun kepada seluruh perwakilan partai, sekaligus mohon doa restu kepada masyarakat Jawa Tengah,” ungkap jenderal polisi bintang 3 tersebut.

Mantan Kapolda Jateng ini juga senang karena sebentar lagi kontestasi Pilkada bakal segera dimulai. Dia berharap, prosesnya bisa berlangsung dengan penuh suka cita tanpa adanya gesekan di antara para pendukung pasangan calon.

“Karena sejatinya pesta demokrasi itu harus senang. Siapa pun pemimpinnya adalah putra-putra terbaik Jawa Tengah,” katanya.

Luthfi juga bicara mengenai Andika, yang diusung PDIP menjadi Cagub Jateng. Dia menaruh hormat kepada bakal calon lawannya tersebut. Menurut Luthfi, mantan Panglima TNI tersebut adalah kawan lama yang patut diacungi jempol karena punya track record yang apik selama menjalankan tugas.

“Beliau visioner, beliau punya check recheck, final check, teliti. Kami bangga hari ini bisa berkontestasi dengan beliau,” tuntasnya.

Andika mendaftar ke KPU Jateng, sehari sebelum Luthfi. Dalam Pilkada Jateng, Andika berpasangan dengan Hendrar Prihadi (Hendi).

Saat mendaftar, Andika dan Hendi memilih menaiki delman. Andika menggandeng istrinya, Diah Erwiany Trisnamurti Hendrati, naik delman paling depan. Hendi juga bersama istrinya, naik delman yang berada di belakang Andika.

Seusai mendaftar, Andika mengaku siap menghadapi Pilkada Jateng 2024. Namun, dia tak mau sesumbar apalagi meremehkan pasangan Luthfi-Taj Yasin. Sebab, lawannya tersebut diusung KIM Plus, yang berisi sembilan partai. Sementara dirinya dan Hendi hanya didukung PDIP.

“Mereka sangat kuat dan di situ juga sebetulnya menunjukkan kekuatan politik,” ujar menantu mantan Kepala BIN, AM Hendropriyono ini.

Namun, Andika juga tidak jiper. Dia siap berjuang untuk bisa memenangkan Pilkada Jateng 2024. “Kami juga menerima tugas dari PDI Perjuangan. Sama halnya dengan Mas Luthfi dengan Gus Yasin yang juga mendapatkan tugas dari partai politik pendukung,” ucapnya.

Andika juga menaruh hormat dan menghargai sosok Luthfi yang telah dikenalnya sejak 2014. Baginya, Luthfi adalah lawan yang punya kemampuan dan pengetahuan luas tentang Jateng.

“Tapi, yang jelas masyarakat Jateng nantinya akan diuntungkan dengan beberapa calon, sehingga mereka bisa menentukan pilihan sesuai dengan hatinya,” pungkas Andika.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo