TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Petani Tangerang Panen Ratusan Kilogram Bawang dan Cabai

Oleh: Ryandi
Rabu, 18 September 2024 | 07:19 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

KOTA TANGERANG - Dinas Ketahanan Pangan (DKP), kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung kemandirian pangan dengan berhasil memfasilitasi panen besar petani lokal. Salah satu yang menonjol adalah panen bawang merah dan cabai merah keriting yang dilakukan oleh petani Sarjo di Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Neglasari. 

Sarjo berhasil memanen 600 kilogram bawang merah dan 32 kilogram cabai merah keriting, kemarin. 

Sarjo menuturkan, panen kali ini bukanlah yang pertama. Pihaknya pun menggunakan sistem rotasi tanam. Dimana bawang dipanen setiap dua bulan dan cabai setiap tiga bulan. Hasil panennya kemudian didistribusikan ke Pasar Induk Tanah Tinggi, salah satu pasar utama di Kota Tangerang.

“Dukungan dari DKP sangat signifikan. Mulai dari penyediaan benih hingga pupuk, serta pendampingan yang rutin dilakukan oleh petugas, semua itu membantu meningkatkan kualitas hasil panen kami,” ujar Sarjo, kemarin.

Kepala DKP Kota Tangerang Muhdorun mengatakan, hasil panen Sarjo merupakan bagian dari upaya Pemkot Tangerang dalam membina 15 petani di berbagai wilayah. Lebih dari sekadar memenuhi kebutuhan pangan, program ini diharapkan dapat membantu mengurangi inflasi yang disebabkan oleh ketergantungan pada pasokan dari luar daerah.

“Ke depan, kami juga akan mendukung panen buah melon dari petani lain, ini menjadi bukti nyata bahwa kemandirian pangan di Kota Tangerang semakin terwujud,” jelasnya.

Dukungan kepada petani lokal terus dilakukan melalui pembinaan, penyuluhan, dan fasilitas pertanian. Pihaknya juga berupaya memastikan ketersediaan pangan yang berkualitas, terjangkau, dan mampu mengurangi ketergantungan pada daerah lain. 

Langkah ini, kata Muhdorun, diharapkan dapat menekan inflasi dan memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal.

“Kami berharap panen ini tidak hanya menguntungkan petani, tetapi juga memberikan stabilitas harga di pasar, sehingga kesejahteraan masyarakat dapat terjaga,” pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo