TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jelang Pelaksanaan Makan Bergizi Gratis, Susu Ikan Jadi Perdebatan

Laporan: AY
Jumat, 20 September 2024 | 11:55 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Wacana penggunaan susu ikan sebagai alternatif pengganti susu sapi dalam program makan bergizi gratis, menuai perdebatan. Pasalnya, susu ikan belum setenar susu sapi.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membeberkan asal-usul inovasi susu ikan yang kini menjadi alternatif susu sapi, dalam program makan bergizi gratis. Susu ikan berasal dari hidrolisat protein ikan (HPI), yang merupakan hasil riset Pusat Riset Bioindustri Laut dan Darat sejak 2017.

Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP Budi Sulistyo mengatakan, susu ikan telah dikenalkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono bersama Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, pada 2023.

"Ini bukan dalam arti susu yang sebenarnya, melainkan susu analog hasil dari HPI," kata Budi di Jakarta, Kamis (12/9/2024), seperti diberitakan ANTARA.

Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi Partai NasDem, Irma Suryani Chaniago mengatakan, wacana penggunaan susu ikan tidak perlu jadi polemik. Menurutnya, susu dan susu ikan itu akan dikombinasikan. "Karena, sama-sama mengandung nutrisi yang baik untuk perkembangan otak anak," kata Irma, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Sementara menurut Guru Besar Pangan dan Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Ali Khomsan, susu ikan menonjolkan protein. Sedangkan susu sapi, menonjolkan kalsium.

Untuk membahas topik ini lebih lanjut, berikut wawancara dengan Ali Khomsan.

Ada opsi penggunaan susu ikan dalam pemberian makan bergizi gratis. Bagaimana pandangan Anda?

Susu ikan tidak setara dengan susu sapi.

Tolong jelaskan...

Susu ikan terbuat dari hidrolisat protein ikan, maka yang diton­jolkan proteinnya. Dalam makan bergizi gratis, lauk pauk juga merupakan sumber protein. Sama-sama protein.

Bagaimana dengan susu sapi?

Dalam susu sapi, yang ditonjolkan adalah kalsiumnya (bukan protein), yang juga dibutuhkan anak-anak dalam masa pertumbuhan, untuk kesehatan tulang.

Menurut mantan Menteri Kesehatan Nila Moeloek, lebih baik anak-anak diberikan ikan ketimbang susu ikan. Bagaimana pandangan Anda?

Pemberian lauk pauk berupa ikan, akan mendidik anak-anak agar me­nyukai ikan sebagai pangan bergizi untuk menunjang kesehatan. Jadi, sebaiknya susu ikan jangan dikono­tasikan sebagai pengganti susu sapi.

Jika susu ikan menonjolkan pro­tein, adakah pengganti susu sapi sebagai sumber kalsium?

Susu sapi mengandung kalsium kualitas baik. Ikan yang dimakan durinya (jika telah dilunakkan), juga sumber kalsium. Sayuran hijau juga kaya kalsium, tapi daya serapnya lebih rendah.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo